Beranda Kesehatan Pemkot Tangerang Jadikan Dua Puskesmas Sebagai Rumah Isolasi Covid-19

Pemkot Tangerang Jadikan Dua Puskesmas Sebagai Rumah Isolasi Covid-19

Bangunan Puskesmas Gebang Raya. (Rendi/bantennews)

KOTA TANGERANG – Dinas Kesehatan Kota Tangerang telah menyiapkan dua puskesmas menjadi tempat Rumah Singgah Isolasi bagi pasien Covid-19. Dua puskesmas tersebut yakni Puskesmas Panunggangan Barat, Kecamatan Cibodas dan Puskesmas Gebang Raya, Kecamatan Periuk.

Kedua puskesmas tersebut menjadi tempat rujukan bagi masyarakat yang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP), Orang Tanpa Gejala (OTG) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang tidak memiliki penyakit penyerta.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Liza Puspadewi, menjelaskan kedua puskesmas dipilih karena memiliki jangkauan wilayah yang kecil yaitu hanya melayani satu kelurahan, ditambah fasilitas puskesmas rawat inap tersebut sudah memadai untuk dijadikan rumah singgah isolasi covid-19.

“Dan fasilitas yang dimiliki juga sudah cukup memadai untuk melayani pasien covid-19 dengan status ODP, OTG atau PDP tanpa penyakit penyerta,” jelas Liza, saat dihubungi, Selasa (5/5/2020).

Meskipun telah dijadikan Rumah Singgah Isolasi, terpisah Kelapa Puskesmas Panunggangan Barat Abu Khurairoh menuturkan jika tetap memberikan pelayanan umum. Dengan syarat penerapan protokol kesehatan dan jarak pelayanan umum tempatnya jauh dari ruang isolasi.

“Selama puskesmas menjadi rumah singgah isolasi, kami tetap memberikan pelayanan bagi masyarakat dengan membuka dua poli, yaitu poli umum dan poli batuk, pilek serta demam,” terang Abu

Dirinya membeberkan bahwa Puskesmas Panunggangan Barat dari 36 tempat tidur terbagi 9 ruang khusus isolasi. Dengan masing-masing ruang isolasi mempunyai kapasitas dua sampai 10 tempat tidur yang saat ini sudah terisi enam pasien.

“Kami juga klusterkan pasien berdasarkan jenis kelamin dan statusnya, agar tetap nyaman,” tandasnya.

(Ren/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini