Beranda Pendidikan Pemkot Tangerang Gratiskan SD dan SMP Swasta, Begini Cara Mendapatkannya

Pemkot Tangerang Gratiskan SD dan SMP Swasta, Begini Cara Mendapatkannya

Ilustrasi - foto istimewa

TANGERANG – Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Tangerang melakukan berbagai upaya terobosan dalam menyambut Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini, salah satu program beasiswa sekolah swasta gratis di 146 sekolah/madrasah (73 SD/sederajat dan 73 SMP/sederajat), yang ada di Kota Tangerang.

Kepala Dindik Kota Tangerang, Jamaluddin menuturkan program beasiswa sekolah swasta gratis ini merupakan tindak lanjut dari Peraturan Walikota Tangerang Nomor 91 Tahun 2022. Ia menjelaskan, program beasiswa sekolah swasta gratis ini dihadirkan untuk menjadi alternatif pilihan mengingat keterbatasan kuota sekolah negeri, terutama setelah penerapan sistem zonasi.

Lanjutnya, program ini juga dihadirkan untuk melawan stigma pendidikan mahal yang selama ini melekat pada sekolah swasta. Lewat program ini, masyarakat bisa mendapatkan akses biaya pendaftaran sekolah swasta dan biaya-biaya rincian lainnya secara gratis.

“Program ini sudah ada sejak tahun 2021. Namun, tahun ini semakin kita sempurnakan. Jika sebelumnya hanya mendapatkan bantuan uang pangkal sebesar 1 juta rupiah, kini tidak hanya itu, melainkan meliputi biaya pendaftaran masuk sekolah, biaya daftar ulang sekolah, biaya iuran bulanan (SPP), biaya ulangan harian, biaya ujian, biaya praktik, biaya kegiatan intrakulikuler dan ekstrakulikuler, biaya buku pelajaran, biaya mengikuti lomba-lomba, dsb. Jadi, orang tua tinggal mempersiapkan kebutuhan-kebutuhan pribadi calon siswa, seperti buku tulis, tas, sepatu, seragam, dsb. Program ini benar-benar memberikan fasilitas serupa sekolah-sekolah negeri yang ada,” ujar Jamaluddin dalam keterangannya, Selasa, (6/6/2023).

Ia melanjutkan, program ini juga dihadirkan di tengah masyarakat dengan menggunakan prosedur yang mudah dan sederhana. Nantinya, masyarakat dapat langsung mengakses program ini dengan persyaratan procedural yang tidak rumit, yakni peserta didik telah terdata dalam Data Pokok Pendidikan (DAPODIK) pada sekolah, atau terdata dalam Education Management Information System Pendidikan Islam (EMISPENDIS) pada madrasah, memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Keluarga (KK) Kota Tangerang, serta menyiapkan berkas-berkas pendaftaran seperti pada umumnya.

“Prosedur untuk mengakses program ini juga sangat mudah. Orang tua yang berniat mendaftarkan anaknya di sekolah-sekolah swasta lewat program ini, bisa langsung mengunjungi sekolah yang akan dipilih, mencari informasi pendaftaran, membawa berkas-berkas yang dibutuhkan dalam proses pendaftaran, dilanjutkan langsung melakukan proses pendaftaran program beasiswa sekolah swasta gratis secara langsung di lokasi pendaftaran tiap sekolah. Adapun persyaratan khususnya, yakni telah terdata pada database (DAPODIK untuk sekolah umum dan EMISPENDIS untuk madrasah), serta khusus di jenjang SMP/Sederajat diwajibkan mempunyai ijazah atau Surat Keterangan Lulus (SKL),” tambahnya.

Sementara itu, program beasiswa sekolah swasta gratis ini diharapkan mampu diakses masyarakat luas secara optimal. Harapannya, lewat program sekolah swasta gratis ini, masyarakat menjadi lebih mudah mengakses pendidikan berkualitas tanpa harus memikirkan beban biaya, serta dapat memutuskan angka kasus putus sekolah di Kota Tangerang.

(Ril/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini