Beranda Pemerintahan Pemkot Tangerang Akan Bangun 4.000 Sumur Injeksi untuk Antisipasi Banjir

Pemkot Tangerang Akan Bangun 4.000 Sumur Injeksi untuk Antisipasi Banjir

Relawan Harfa Rescue saat memberikan bantuan untuk korban banjir. (Ist)

KOTA TANGERANG –  Walikota Tangerang, Arief Wismansyah mengatakan bahwa pihaknya akan membangun 4.000 sumur injeksi untuk menangani banjir di Kota Tangerang

“Kami coba bangun sumur injeksi, sudah ada di sekolah dan jalan-jalan. Rencanaya tahun ini akan kita bangun 4.000 titik yang tersebar di seluruh wilayah Kota Tangerang,” kata Arief dalam keterangan tertulis, Rabu (15/1/2020).

Arief mengatakan, penerapan sumur injeksi sudah terbukti mengurangi titik banjir di wilayah Kota Tangerang.

Tidak hanya itu, lanjut dia, sumur injeksi juga membantu percepatan surutnya air di wilayah terdampak banjir.

“Daerah yang sudah ada sumur injeksinya lumayan, surutnya lebih cepat saat ada genangan,” kata dia dikutip dari kompas.com.

Selain sumur injeksi, lanjutnya, Pemkot juga melakukan pembersihan embung dan situ serta mengoptimalkan pompa-pompa air.

Arief mengatakan, sistem drainase, biopori, hingga tandon juga telah dibangun. Kendati demikian, musibah banjir di awal tahun 2020, terjadi akibat curah hujan yang luar biasa tinggi.

Padahal di tahun sebelumnya, ujar Arief, titik banjir di Kota Tangerang telah berkurang dari 33 menjadi hanya tersisa dua titik banjir.

Oleh karenanya, Arief mengatakan banjir awal tahun ini menjadi catatan tersendiri bagi Pemerintah Kota Tangerang.

Dia berharap masyarakat, akademisi, hingga stakeholder bisa saling berkoordinasi dan bersinergi untuk penanggulangan banjir.

“Ini dua kata yang mudah diucapkan tapi sulit dijalankan, tapi di sini intinya sudah bukan wacana tapi harus ada action dari kita agar masalah banjir bisa ditangani,” kata dia.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini