Beranda Pemerintahan Pemkot Serang  Rumuskan Rotasi Jabatan Pekan Ini

Pemkot Serang  Rumuskan Rotasi Jabatan Pekan Ini

188
0
ilustrasi mutasi dan rotasi. (doc.google)

SERANG – Pemkot Serang tengah merumuskan rotasi pejabat di seluruh OPD kota Serang.

Kepala BKPSDM Kota Serang Ritadi mengatakan bahwa mengenai waktu pelaksanaan rotasi dan promosi ini, merupakan kewenangan dari Walikota Serang. Namun, ia mengaku bahwa saat ini pihaknya masih menunggu jawaban dari kementerian terkait dengan rotasi dan promosi ini.
“Kalau misalkan memang besok surat dari kementerian sudah kami terima, ya kami persiapkan. Kemungkinan selalu ada. Tapi kalau tahu pastinya saya tidak bisa memastikan ya. Saya tidak mau terburu-buru, yang penting nanti tidak ada masalah,” ujarnya, Selasa (17/9/2019).

Mengenai jumlah pejabat yang akan dirotasi dan promosi, ia mengatakan bahwa terdapat sekitar 173 pejabat.
“Eselon III/a yang akan dirotasi dan promosi sebanyak 38. Kemudian Eselon III/b, ada sekitar 35. Untuk IV/a dan IV/b memang ini kan untuk rotasi dan promosi di Kelurahan, adalah sekitar 100,” ujarnya.

Ritadi pun menyampaikan jumlah rincian pejabat yang akan mendapatkan promosi, di setiap jenjang pangkatnya.
“Untuk promosi Eselon IV/b ke IV/a, itu ada 14 pejabat. Untuk IV/a ke III/B itu ada 20 pejabat. Sedangkan untuk yang promosi dari IIIb ke III/a sebanyak 14 orang. Untuk yang eselon III ini untuk mengisi Sekretaris Dinas, Kepala Bagian. Ada yang di Setwan dan lainnya,”ucapnya.

Walikota Serang, Syafrudin, menegaskan bahwa  rotasi dan promosi di Pemerintah Kota Serang, masih dalam pembahasan. Namun, ia tidak menutup kemungkinan rotasi dan promosi tersebut akan dilaksanakan pada minggu ini.
“Ya mudah-mudahan, kan masih dalam pembahasan Baperjakat. Mudah-mudahan minggu-minggu ini beres. Sekarang menunggu laporan dari Baperjakat. Kalau sudah oke, paling langsung dilaksanakan,” ujarnya.

Mengenai banyaknya pejabat yang resah, Syafrudin mengatakan bahwa para pejabat jangan sampai resah dengan adanya rotasi dan promosi ini. Menurutnya, rotasi dan promosi merupakan suatu hal yang biasa bagi pejabat Pemerintah.
“Pindah itu sesuatu hal yang biasa. Mungkin ada promosi, atau ada yang ditempatkan tidak sesuai dengan tempatnya sehingga harus dimutasi, itu hal yang wajar,” jelasnya.
Untuk itu, ia berpesan kepada para pejabat yang resah, bahwa jangan sampai adanya rotasi dan promosi ini, membuat kualitas kinerja mereka menurun.
“Jangan resah, jalankan saja sebagai PNS atau pejabat Pemkot. Jangan merasa akan dipindahkan. Namanya juga pejabat, ya biasa pindah mah,” tegasnya. (Dhe/Red)