Beranda Pemerintahan Pemkot Serang Punya Banyak PR untuk Wujudkan Kota Layak Anak

Pemkot Serang Punya Banyak PR untuk Wujudkan Kota Layak Anak

65
0
Ilustrasi - foto istimewa kumparan.com

SERANG –  Pengamat tata kota Universitas Serang Raya (Unsera), Ditya Setiorini mengatakan masih banyak pekerjaan rumah bagi Pemkot Serang untuk wujudkan kota layak anak (KLA), misalnya tentang keberadaan taman untuk anak.

“Pandangan saya, sebenarnya kalau untuk daerah dari segi tata kota masih banyak PR, karena kita lihat saja dari segi taman saja masih banyak yang harus dibenahi,” katanya kepada awak media, Jumat (27/7/2018).

Ia menambahkan, keberadaan pos anak yang ada di wilayah Kota Serang juga belum optimal dimanfaatkan. “Sebetulnya terlepas dari layak atau tidak layak, hal itu pasti penilai punya kriteria sendiri diriset, saya tidak dalam tataran untuk mengkritisi itu, namun memang kita bilang tadi masih banyak PR khususnya Kota Serang untuk masalah tata kota khususnya ruang-ruang untuk anak memang masih banyak PR,” ujarnya.

Untuk idealnya taman yang layak anak tersebut, ia menyebutkan yang pasti dari segi fasilitas, kebersihan, jauh dari asap rokok. “Artinya dalam segi kebersihannya juga diperhatikan, kemudian dari segi fasilitas pendukungnya memang harus dibangun. Kita sih menginginkan nanti kedepannya bisa ada fasilitas perpustakaan yang bisa terbangun. Artinya pembangunan bukan dari segi fisik bangunan saja, tapi ketika anak-anak bermain bisa sambil belajar. Harapannya sih kedepan taman anak khusus buat belajar,” ucapnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Perkim Kota Serang, Hidayat mengatakan hampir semua Kota yang mendapat penilaian KLA sebetulnya belum memiliki taman anak, tetapi untuk Kota Serang sendiri taman anak sudah ada di beberapa area.

“Taman anak sendiri di area-area tertentu ada, seperti di Pemkot ada taman anak-anak sebetulnya itu, yang di taman kota Serang, KSB itu salah satunya. ada banyak lagi hanya gak kelihatan saja, kan luasannya juga ga terlalu luas kalau untuk taman bermain anak anak,” kata Hidayat. (ink/red)