Beranda Sosial dan Budaya Pemkot Serang Gali Potensi Seni Budaya Melalui Festival Kaibon

Pemkot Serang Gali Potensi Seni Budaya Melalui Festival Kaibon

211
0
Walikota Serang Syafrudin keliling stand kerajinan pada Festival Kaibon.

SERANG – Festival Kaibon yang setiap tahunnya dilaksanakan oleh Provinsi Banten, tahun ini dilaksanakan oleh Pemkot Serang. Festival yang akan diisi oleh kesenian asli Kota Serang tersebut akan dilaksanakan selama tiga hari.

Walikota Serang Syafrudin mengatakan, dipercayakannya Festival Kaibon kepada Pemkot Serang merupakan salah satu bukti bahwa Kota Serang telah selangkah lebih maju.
“Festival Kaibon baru tahun ini dilaksanakan oleh Pemkot Serang. Sebelum-sebelumnya dilaksanakan oleh Pemprov Banten. Artinya saat ini Kota Serang satu langkah lebih maju,” ujarnya saat sambutan pembukaan Festival Kaibon di Alun-Alun Barat Kota Serang, KamisĀ  (7/3/2019) malam.

Syafrudin mengatakan, Festival Kaibon ini merupakan salah satu upaya dalam melestarikan seni dan budaya asli Serang. “Dari yalil, ubrug, patingtung, marhaban, dan seni lainnya. Di Festival Kaibon ini akan digali semuanya,” ujarnya.

Syafrudin mengaku, saat ini Kota Serang masih belum memiliki ikon dalam hal seni dan budaya. “Hingga saat ini, Kota Serang masih belum memiliki seni dan budaya yang dapat dijadikan ikon baik di tingkat Provinsi maupun Nasional. Dengan adanya festival ini, kita gali seni budaya Kota Serang sehingga dapat menjadi ikon,” ujarnya.

Ia berharap, Festival Kaibon kali ini dapat dilaksanakan dengan meriah. Sementara Plt. Kepala Disparpora Kota Serang, Heriyadi mengatakan festival ini menyasar seluruh lapisan masyarakat hingga partisipasi kelompok kesenian. “Festival Kaibon tahun ini baru 26 kelompok kesenian yang mengikuti,” ujarnya.

Untuk meningkatkan partisipasi dari kelompok kesenian lainnya, ia mengatakan akan melakukan sosialisasi mulai dari tingkat kelurahan.

“Sekarang kan yang mengadakan Pemkot Serang, jadi dalam upaya menggali potensi kesenian tersebut dapat dimulai dari tingkat kelurahan,” ucapnya..

Ia pun berharap kelompok kesenian lainnya dapat ikut memeriahkan Festival Kaibon di tahun depan.

“Kepada kelompok kesenian yang lain, kita meriahkan Festival Kaibon di tahun depan. Biar kami dari Disparpora anggarkan melalui APBD,” ucapnya. (Dhe/Red)