Beranda Advertorial Pemkot Serang Cek Kesehatan Hewan Kurban

Pemkot Serang Cek Kesehatan Hewan Kurban

Hewan kurban di Griya Farm. (Qizink/bantennews)

KOTA SERANG – Jelang Idul Adha Pemkot Serang melalui Dinas Pertanian Kelautan dan Peternakan (DPKP) Kota Serang mengecek kesehatan hewan kurban di sejumlah lapak penjualan hewan kurban. Selain itu Pemkot Serang juga mensosialisasikan protokol kesehatan pemotongan hewan kurban pada masa pandemi Covid-19.

Hal ini dilakukan untuk memastikan hewan kurban yang dipasarkan di Kota Serang memenuhi syarat syariat agama dan sehat. Pemotongan hewan kurban juga ditekankan mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.

“Alhamdulillah hasil pengecekan kesehatan hewan kurban yang dijual di Kota Serang, dalam  kondisi siap dikurbankan. Bahkan penjualnya juga sudah dianjurkan untuk menerapkan protokol kesehatan,” ujar Kepala Bidang Peternakan pada DPKP Kota Serang, Siswati.

Siswati juga memberikan penjelasan untuk memilih hewan kurban. Untuk kambing atau domba minimal berumur 1 tahun, dan sapi atau kerbau minimal berumu 2 tahun.

“Kemudian perhatikan fisiknya jangan sampai cacat, dan yang ada orf-nya (penyakit kulit yang menyebabkan gejala melepuh pada kulit terutama daerah mulut) jangan dibeli, meski tidak menular, tapi hewan tersebut tak layak untuk dikurbankan,” jelasnya.

Selain pengecekan kesehatan, DPKP juga menyosialisasikan bagaimana mekanisme pemotongan hewan kurban.

“Yang penting hewan tersebut masuk kategori ASUH (aman sehat utuh halal) itu bisa dikurbankan. Para DKM yang sering melaksanakan prosesi penyembelihan hewan kurban juga kami sosialisasikan tehnik merobohkan hewannya, dan memotong yang benar. Alhamdulillah sudah pada bisa,” ungkapnya.

Berikut tips memilih hewan kurban yang memenuhi syarat dan sehat :

1. Sehat
Tentu saja hewan yang akan dikurbakan harus sehat. Saat membelinya, ada beberapa tata cara untuk menilai hewan tersebut sehat atau tidak.

– Hewan dilihat dari sisi kanan, kiri, depan, dan belakang terlihat normal.

– Mintalah pedagang untuk menjalankan hewan, karena hewan yang sakit cenderung terlihat lemas dan enggan berjalan.

– Periksa kaki dan kukunya, pastikan tidak ada luka.

– Coba berikan makanan, hewan sehat memiliki nafsu makan yang baik.

– Lihat secara seksama lubang tubuh dan mata, pastikan tidak terlihat tanda hewan buta atau sakit mata.

– Periksa cermin hidung, bila kering itu menunjukkan hewan sedang sakit atau demam.

2. Tidak cacat
Periksalah apakah ada suatu kekurangan pada hewan tersebut, misal telinga rusak, ekor terpotong, pincang, buta, atau buah zakar (testis) tidak lengkap.

3. Tidak kurus
Jangan beli hewan yang kurus. Kurus atau tidaknya suatu hewan dilihat dari adanya tonjolan tulang-tulang rusuk atau iga, tulang bagian pinggang, dan tulang bagian pinggul.

4. Cukup umur
Ingat, saat membeli hewan kurban tanyalah pada pedagang usia hewan tersebut. Untuk kambing atau domba setidaknya sudah genap satu tahun atau memasuki tahun kedua (13 bulan). Untuk sapi, minimal berusia dua tahun atau memasuki tahun ketiga (25 bulan).

(Advertorial)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini