Beranda Pariwisata Pemkot Serang Akan Gelar Festival Masyarakat Pesisir di Karangantu

Pemkot Serang Akan Gelar Festival Masyarakat Pesisir di Karangantu

Ahmad Mulyani. (Ade/bantennews)

SERAN– Dalam rangka mempromosikan wisata  di Kota Serang, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kota Serang bekerja sama dengan Kayday Group melaksanakan kegiatan Festival Masyarakat Pesisir di Pantai Gope Karangantu, Kasemen, Kota Serang.

Perwakilan Kayday Group, Ahmad Mulyani menyampaikan, kegiatan ini akan diisi beberapa lomba dan juga hiburan rakyat. Adapun pelaksanaannya akan dilakukan selama tiga hari, mulai  22 November hingga 24 November.

“Hari pertama akan diisi dengan lomba mewarnai dan lomba busana untuk tingkat PAUD se-Kecamatan Kasemen, kemudian juga ada lomba perahu hias,” ujarnya, Selasa (13/11/2018).





Hari kedua ada lomba kuliner dengan pilihan menu pecak bandeng dan rujak. Dan hari terakhir akan diisi dengan lomba memancing.
Hiburan akan dibagi di setiap harinya. Untuk hari pertama akan terdapat hiburan pencak silat, debus dan rampak bedug yang merupakan kesenian tradisional dari Banten.

“Hari kedua akan diisi dengan akustik band, gendang terbang dan qosidah,” lanjut Mulyani.
Sedangkan puncaknya pada hari terakhir, akan diisi oleh talent dari Dangdut Akademi Indosiar (DAI) Subro sebagai bintang tamu acara puncak.

Yani menyampaikan, alasannya memilih Pantai Gope dikarenakan pantai tersebut memiliki potensi wisata yang dapat dijual untuk menarik wisatawan berkunjung ke Kota Serang. Hal ini dirasa penting untuk dipublikasikan dalam kegiatan-kegiatan sejenis.

“Pertama, pantai ini menyajikan keindahan yang otentik. Kedua, secara geografis juga bisa menjadi transit menuju Pulau Tunda, Pulau Tiga dan Pulau Panjang. Selain itu, di sana dekat dengan salah satu tempat pelelangan ikan terbesar di Provinsi Banten,” ungkapnya.

Sedangkan terkait adanya lomba untuk tingkat PAUD, ia menyatakan bahwa kegiatan tersebut dilakukan untuk memberikan tambahan nilai edukasi dalam event tersebut sehingga dirasa penting juga memberikan ketertarikan sejak dini agar dapat menjaga dan menghargai tempat wisata tersebut.

“Walaupun mereka mungkin sudah tahu nama tempatnya Pantai Gope, tapi kita berikan sisi edukasi juga,” ucapnya.

Ia mengatakan, kegiatan ini terbuka untuk seluruh masyarakat, tidak hanya di Kasemen dan Kota Serang, namun juga bagi seluruh masyarakat Banten dan lainnya. (Dhe/Red)