Beranda Pemerintahan Pemkot Cilegon Raih Penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik   

Pemkot Cilegon Raih Penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik   

862
0
Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon meraih penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2019 dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB)

CILEGON – Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon meraih penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2019 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Penghargaan diserahkan oleh Menpan RB, Syafruddin didampingi oleh Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan diterima oleh Walikota Cilegon, Edi Ariadi.

Menpan RB, Syafruddin menyampaikan pemerintah mendorong inovasi-inovasi yang bersifat lokal dan instansional, tetapi potensial untuk diterapkan secara nasional diangkat dan dijadikan program nasional.

“Inovasi – inovasi yang bersifat lokal dan instansional, tetapi potensial untuk diterapkan secara nasional, agar segera menjadi program nasional,” ujarnya pada acara awarding Top 99 inovasi pelayanan publik, Kamis (18/7/2019) malam.

Seperti diketahui, Penghargaan TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik 2018 diperoleh Pemkot Cilegon adalah Kader Gegana Pedes.

Kader Gegana Pedes dikerjakan oleh Dinas Kesehatan Kota Cilegon melalui Puskesmas DTP Cibeber. Inovasi ini merupakan pelayanan yang memberikan kemudahan bagi para warga binaaan Lapas Kelas 3 Cilegon dalam mendapatkan pelayanan kesehatan.

Inovasi terpilih pada Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2019 terdiri dari 3.156 inovasi dari Kementerian, Kabupaten/Kota dan kepolisian RI dari tim panel independen yang dibentuk oleh Kemenpan RB.

Walikota Cilegon, Edi Ariadi mengatakan tujuan awal berbagai inovasi itu bukan untuk meraih penghargaan, melainkan untuk mempermudah layanan masyarakat. “Tujuan akhir dari semua inovasi ini adalah warga Kota Cilegon,” kata Edi.

Menurut dia, kesuksesan Pemkot Cilegon dalam melayani publik karena menerapkan sistem pembangunan berkelanjutan. Baginya, hal itu sangatlah penting agar mampu mendongkrak sistem pelayanan publik.

“Jadi bukan hanya dapat penghargaan lalu selesai, tidak seperti itu. Hal ini hendaknya menjadi pemicu dan pemacu dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan publik di Kota Cilegon.” katanya.

Dalam kesempatan itu juga Edi Ariadi menyampaikan apresiasi kepada Dinas Kesehatan Kota Cilegon yang telah berhasil masuk dalam TOP 99 INOVASI Pelayanan Publik tahun 2019 tingkat Nasional. (Man/Red)