Beranda Pemerintahan Pemkot Cilegon Buka Sayembara Design Kawasan Daerah Secara Nasional

Pemkot Cilegon Buka Sayembara Design Kawasan Daerah Secara Nasional

Pemkot Cilegon melaunching sayembara design kawasan Kota Cilegon. (Foto: Maulana/BantenNews.co.id)

CILEGON – Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon membuka sayembara design kawasan Kota Cilegon secara nasional. Hadiah ratusan juta siap diberikan kepada para pemenang.

Walikota Cilegon, Helldy Agustian mengatakan sayembara design kawasan Kota Cilegon ini merupakan upaya untuk melakukan penataan kota yang lebih modern.

“Memang ini ide kami, karena Kota Cilegon ini kan pintu gerbangnya pulau Jawa. Karena jadi pintu gerbang pulau Jawa, orang-orang Sumatera yang pertama kali pindah ke Jawa gambarannya adalah Kota Cilegon,” katanya di Aula Setda usai launching sayembara, Jumat (16/2/2024).

Sayembara design kawasan Kota Cilegon secara nasional ini bekerja sama dengan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI), sekaligus yang akan menjadi dewan jurinya. Bagi yang ingin mengikuti sayembara, peserta wajib seorang arsitek yang memiliki lisensi.

“Tadi saya juga sudah sampaikan nanti bisa bergabung bersama-sama. Intinya ada ahli kronologi, budayawan dan lain-lain tapi diketuai oleh arsitek yang punya sertifikat. Bentuk bangunannya juga bangunan harus ada nuansa kedaerahannya,” ujar Helldy.

Dalam sayembara tersebut, kata Helldy, pihaknya membagi 2 wilayah yang harus dibuatkan design kawasannya, yakni Cilegon Timur hingga ke lampu merah damkar, dan Cilegon Barat hingga ke Pelabuhan Merak.

“Total APBD yang kita anggarkan Rp280 juta. Tapi kami merasa ini kurang, makanya kami minta sponsor nanti yang akan mendukung program ini, sehingga juara pertamanya nanti Rp150 juta rupiah ada dua pemenang, kemudian juara 2 nya Rp100 juta ada 2 juga, dan Rp75 juta ada 2 juga. Pengumumannnya tanggal 27 April tepat di hari jadi Kota Cilegon,” tutupnya. (Mg-STT/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini