Beranda Pemerintahan Pemkot Cilegon Baru Sanggupi Rp10 Miliar Untuk Pilkada 2024

Pemkot Cilegon Baru Sanggupi Rp10 Miliar Untuk Pilkada 2024

Kepala Badan Kesbangpol Kota Cilegon, Bukhori. (Gilang)

CILEGON – Pemkot Cilegon bakal mengalokasikan anggaran sekira Rp10 miliar pada APBD 2023 mendatang guna dana cadangan untuk pembiayaan pelaksanaan Pilkada Cilegon tahun 2024.

Dana cadangan itu sendiri merupakan hasil penyisihan dana dari penerimaan daerah di luar Dana Alokasi Khusus (DAK) di beberapa tahun anggaran oleh pemerintah mengingat biaya yang dibutuhkan untuk pesta demokrasi pemilihan calon kepala daerah itu relatif besar.

“Dari Rp41 miliar usulan KPU (Komisi Pemilihan Umum), nah berapa yang kita siapkan per tahunnya itu kan bertahap. Kita anggarkan Rp10 miliar untuk 2023,” ungkap Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Cilegon, Bukhori ditemui usai paripurna penyampaian Raperda Dana Cadangan Pilkada Cilegon 2024, Senin (31/10/2022).

Mengingat waktu pelaksanaan Pilkada yang mendekati penghujung tahun 2024, Pemkot Cilegon dipastikan akan melakukan kajian lebih lanjut atas usulan kebutuhan anggaran KPU dengan mempertimbangkan kekuatan anggaran pada tahun tersebut, termasuk mempertimbangkan pandangan umum sejumlah fraksi di DPRD yang meminta agar kebutuhan itu nantinya tidak mengganggu anggaran yang menyangkut dengan pelayanan dasar masyarakat.

“Mungkin (tahun anggaran) berikutnya dapat meningkat, tapi semua akan dihitung lagi termasuk berapa dana sharing dari provinsi,” ucap pejabat yang tengah menjalani hari terakhirnya sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) ini.

“Intinya saat ini saya mau meminta maaf kepada semua kalau selama ini ada hal-hal, baik itu sikap maupun ucapan yang saya yang kurang berkenan,” tandasnya.

(dev/red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini