Beranda Pemerintahan Pemkot Cilegon Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan Berprestasi  

Pemkot Cilegon Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan Berprestasi  

Walikota Cilegon, Edi Ariadi memberikan penghargaan kepada guru berprestasi

CILEGON – Sebanyak 69 guru dan tenaga kependidikan (GTK) atau kepala sekolah dan pengawas berprestasi mendapatkan penghargaan berupa laptop. Penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada para pemenang lomba GTK berprestasi yang telah diselenggarakan Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Cilegon. Di Hotel Sari Kuring, Senin (29/7/2019).

Kepala Seksi (Kasi) Kesejahteraan dan Pengarahan (Kespar) pada Dindik Kota Cilegon, Hikmatullah menjelaskan, pemberian apresiasi laptop tersebut untuk menunjang kinerja dan memotivasi GTK, sehingga hasilnya terbangun keserasian dan keterpaduan peningkatan kualitas sumberdaya manusia

Hikmatullah menyatakan, ada tiga kategori apresiasi yang diberikan, pertama GTK berprestasi untuk guru, pengawas dan kepala sekolah tingkat Kota Cilegon, kedua Olimpiade Guru Nasional (OGN) tingkat Kota Cilegon untuk guru kelas dan guru mata pelajaral (Mapel) Ujian Nasional, dan ketiga Inovasi Pembelajaran (Inobel) untuk guru kelas dan guru mapel.

Untuk jumlah penghargaan mengalami peningkatan dibanding 2018 yang hanya 60 GTK sekarang menjadi 69 GTK.

“Jumlahnya semakin meningkat dari tahun ke tahun, sekarang ini sebangak 69 orang yang tadinya pada 2018 hanya 60 orang,” pungkasnya.

Usai pemberian penghargaan, papar Hikmat, GTK yang meraih juara 1 akan langsung mendapatkan pembinaan, khususnya yang akan berangkat pada lomba GTK berprestasi dan inobel tingkat nasional.

“Para juara 1 langsung dibina untuk lomba tingkat nasional. Pembinaannya sendiri juga langsung dari LPMP (Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan) dan dosen Untirta (Universitas Sultan Agung Tirtayasa),” paparnya.

Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Cilegon, Muhtar Gojali menyatakan, dengan GTK berprestasi tentu akan mencetak para siswa yang bisa berprestasi juga, sehingga diharapkan para GTK yang sudah menang untuk bisa lebih meningkatkan kompetensinya dan membuat siswa yang diajak bisa berprestasi pula.

“Tentu tujuannya agar para guru, kepala sekolah, dan pengawas untuk meningkatkan kinerjanya, sehingga nantinya bisa berefek terhadap peningkatan kualitas pendidikan dan siswanya juga ikut berprestasi,” ujarnya.

Sementara itu, Walikota Cilegon, Edi Ariadi mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan ini, dimana kegiatan itu salah satu momen yang tepat dan sangat berharga bagi peserta didik untuk mengembangkan sikap kompetitif, sportifitas serta berwawasan nasional.

“Saya mengapresiasi kegiatan ini, saya juga berpesan kepada seluruh guru dan tenaga pendidik teruslah belajar dan bekerja keras, kuasailah ilmu pengetahuan dan teknologi dan teruslah mencintai pendidikan demi kemajuan masa depan bangsa,”ungkapnya.

Walikota berharap agar kegiatan ini tidak sekadar berorientasi pada seremonial semata, namun esensi dari acara ini terletak pada nilai dan bagaimana cara seorang guru dan tenaga kependidikan mengembangkan diri dan berkarya melalui inovasi.

“Kegiatan apresiasi merupakan wadah untuk menyalurkan kreatifitas dan inovasi bagi pendidikan dalam menciptakan proses pembelajaran yang interaktif dan produktif, sehingga terpacu pula untuk kompetisi secara sehat demi mewujudkan dunia pendidikan di Kota Cilegon,” terangnya. (Man/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini