Beranda Bisnis Pemkot Bandung dan Pemkab Lebak Teken MoU Pariwisata dan Ketahanan Pangan

Pemkot Bandung dan Pemkab Lebak Teken MoU Pariwisata dan Ketahanan Pangan

883
0
Gubernur Jawa Barat terpilih Ridwan Kamil yang masih menjabat sebagai Walikota Bandung hari ini bertemu Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya di Gedung Pendopo Pemkab Lebak Senin (27/8/2018). (Foto:Ali/Bantennews.co.id)

LEBAK – Gubernur Jawa Barat terpilih Ridwan Kamil yang masih menjabat sebagai Walikota Bandung hari ini bertemu Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya di Gedung Pendopo Pemkab Lebak Senin (27/8/2018).

Dua pemimpin Daerah itu bertemu membahas kerja sama di bidang pariwisata dan ketahanan pangan. Pertemuan mereka berlangsung singkat, mulai pukul 10.00 sampai 11.45 WIB. Dalam sambutannya, Ridwan Kamil berharap, apa yang dimiliki Kota Bandung saat ini bisa dicontoh oleh Kabupaten Lebak, supaya bisa memotivasi kemajuan daerah dan masyarakatnya.

“Semalam saya menginap di Kampung Cikeusik dan jalan – jalan ke perkampungan suku Baduy dalam. Kita di satukan oleh kesamaan budaya dan bahasa yang sama yaitu sunda dan karuhunya sama. Saya mengunjungi Kabupaten Lebak, karena kecintaan saya kepada masyarakat Lebak,” ujar Ridwan Kamil.





Selain itu, Gubernur Jawa Barat terpilih itu memuji kesenian dan hasil kerajinan warga suku Baduy yang bermukim di wilayah Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar.

“Saya melihat kesenian dan pengrajin yang ada di Baduy semuanya menghasilkan karya yang bagus, dan saya membeli banyak untuk dipromosikan di daerah Jawa Barat. Keingian saya langsung bekerjasama dengan pemerintah Kabupaten Lebak antara kedua wilayah dengan baik dalam bidang ketahanan pangan dan pariwisata,” ucapnya.

Di lain pihak, Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya mengatakan, wilayah kabupaten Lebak berbatasan dengan Jawa Barat. Oleh karena itu kata Iti Octavia Jayabaya, parawisata di kabupaten Lebak akan lebih di kembangkan agar kedepanya lebih maju.

“Tentunya kunjungan Pak Ridwan Kamil kesini menambah motivasi, kami minta bimbingan supaya kami kedepan punya kemasan-kemasan nilai jual produk Pemerintah kabupaten Lebak dan parawisata yang berada di kabupaten Lebak. Parawisata kami budaya lokal yang akan kami majukan dan mayarakatnya, semoga kedepan Lebak bisa menjadi Kabupaten yang maju seperti Jawa Barat,” ujar Iti.

Sementara itu, setelah penandatanganan MoU Peningkatan Pariwisata dan Ketahanan Pangan kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan ke Museum Multatuli dan Rumah Batik Lebak.

Sebelumnya pada 26 Agustus 2018 kemarin, Ridwan Kamil dan rombongan mengunjungi masyarakat adat Baduy Luar dan Dalam di Kampung Cikeusik, Desa Kanekes. (Tra/Ali/Red)