Beranda Pemerintahan Pemkab Tangerang Gelar Capacity Building Statistik Sektoral dan Sosialisasi IPS

Pemkab Tangerang Gelar Capacity Building Statistik Sektoral dan Sosialisasi IPS

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Tangerang melaksanakan Capacity Building Statistik Sektoral sekaligus sosialisasi Indeks Pembangunan Statistik (IPS) - Foto istimewa

KAB. TANGERANG – Menyongsong kebijakan Satu Data Indonesia, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Tangerang melaksanakan Capacity Building Statistik Sektoral sekaligus sosialisasi Indeks Pembangunan Statistik (IPS).

Kepala Bidang Statistik Sektoral Dinas Komunikasi dan Informatika, Budi Lestari mengungkapkan kegiatan ini merupakan wujud kolaborasi dan sinergi antara Koordinator Satu Data, Pembina Data, Wali Data dan Produsen.

“Dengan adanya kolaborasi dan sinergi yang baik, akan terwujud saling memberi data dan masukan yang baik berkaitan dengan data,” ujarnya di Vega Hotel Gading Serpong, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Rabu (3/7/2022).

Dia juga menjelaskan kegiatan tersebut untuk mengantisipasi persiapan-persiapan dalam pengukuran Indeks Pembangunan Statistik yang ditujukan untuk mendapatkan ukuran capaian penyelenggaraan Satu Data Indonesia (SDI) dan statistik sektoral terutama di Pemerintahan Daerah.

“Saya berharap, dengan adanya kegiatan ini, ke depan Pemerintah Kabupaten Tangerang dapat maksimal dalam perolehan IPS. Sehingga  bisa meningkatkan kepercayaan publik dan juga dapat memanfaatkan data yang lebih luas dalam pengambilan kebijakan sebagai tolak ukur keberhasilan pembangunan nasional,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala BPS Provinsi Banten, Dody Herlando mengapresiasi kegiatan ini, dikarenakan Kabupaten Tangerang dianggap lebih dulu dibandingkan kabupaten atau kota lain di wilayah Provinsi Banten.

“Saya sangat berharap, kabupaten/kota lainnya dapat mengikuti langkah Pemerintah Kabupaten Tangerang ini demi kemajuan perstatistikan nasional,” harapnya.

(Ril/Red)