Beranda Uncategorized Pemkab Serang dan TNI-Polri Bersinergi Ciptakan Kampung Bersih

Pemkab Serang dan TNI-Polri Bersinergi Ciptakan Kampung Bersih

139
0
Foto istimewa

SERANG – Untuk pertama kali di Banten, pemerintah daerah dan TNI-Polri bersinergi menyadarkan masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan aman. Hal tersebut tercermin dari kegiatan Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) di Kabupaten Serang, Provinsi Banten.

Pada Jumat (20/12/2019), LKBA tersebut resmi selesai dilaksanakan dengan memberikan penghargaan kepada sejumlah kampung yang dinilai sukses menciptakan gotong royong serta membuat lingkungan bersih dan aman.

“Alhamdulillah, Lomba Kampung Bersih dan Aman ini sukses digelar untuk pertama kali di Kabupaten Serang,” kata Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah melalui siaran tertulis.

Menurut Tatu, tantangan terbesar saat ini adalah menyadarkan masyarakat untuk selalu menjaga lingkungan yang bersih dan aman. Semangat gotong royong dinilai harus digalakkan kembali di tengah-tengah masyarakat.

“Lomba ini salah satu upaya, memotivasi masyarakat menciptakan kampung yang bersih dan aman. Selanjutnya, semoga kesadaran masyarakat akan kepedulian terhadap lingkungan terus terjaga,” ujarnya.

Tatu mengaku tengah berupaya menciptakan wisata religi Syeikh Nawawi Albantani, tetapi kesan serta pesan pertama yang disampaikan Kementerian Pariwisata adalah, agar warga menjaga kebersihan lingkungan.

“Karena kementerian melihat langsung, banyak warga yang belum peduli, buang sampah sembarangan. Saya menilai, lomba ini sukses menyadarkan masyarakat Kabupaten Serang untuk peduli akan kebersihan lingkungannya,” ujarnya.

Kurangnya kepedulian masyarakat akan lingkungan, diakui Komandan Korem (Danrem) 064/Maulana Yusuf Kolonel Infantri Windiyatno. Ia mengaku sering berkeliling ke kampung-kampung, dan melihat langsung banyak sampah yang dibuang sembarangan oleh masyarakat.

“Saya perintahkan babinsa untuk mengajak masyarakat membersihkan. Tapi enam jam kemudian, ternyata kotor lagi. Ini yang harus kita lakukan, menyadarkan masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitarnya,” ujar Danrem dalam sambutannya.

(Red)