Beranda Pemerintahan Pemkab Pandeglang Uji Coba Tanam Bawang Putih

Pemkab Pandeglang Uji Coba Tanam Bawang Putih

PANDEGLANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang melakukan uji coba penanaman bawang putih di lahan seluas 4 hektare yang berada di perkebunan Kampung Kaduengang, Desa Kaduengang, Kecamatan Cadasari, Pandeglang.

Melihat potensi yang besar, Bupati Pandeglang, Irna Narulita meyakini di Pandeglang bisa menanam bawang putih lebih dari 4 hektare bahkan hingga 22 hektare. “Kami siap menjadi sentra bawang putih dan menjadi kontributor bagi nasional,” kata Bupati Irna Narulita usai acara penanaman, Selasa (23/2/2021).

Di empat hektare yang saat ini ditanam bawang putih, Irna meminta perawatannya maksimal agar hasil yang dicapai melebihi target. “Saya yakin hasilnya lebih dari 6 ton, jika dirawat dengan baik. Dampingi petani kami oleh tenaga ahli yang dibawa oleh importir dan para penyuluh,” ujarnya.





Penanaman bawang putih itu dilakukan atas kerja sama antara Pemkab Pandeglang dengan salah satu pengusaha bawang putih tingkat nasional. “Mari satukan tujuan, Pandeglang harus jadi penghasil bawang putih. Saya tidak bosan memotivasi, kalau demplot ini hasilnya bagus, tentu investor akan datang ke Pandeglang,” sambungnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Pandeglang, Budi S Januardi menambahkan, sesuai Memorandum of Understanding (MoU), hasil panen sesuai kesepakatan akan dibagi 80% untuk petani dan 20% untuk PT.

“Penjualan milik petani diserahkan ke petani atau bisa jual sendiri. Tetapi jika mendapat kesulitan dalam pemasaran, pihak PT akan menampung hasil panen keseluruhan,” tambahnya. (Med/Red)