Beranda Pemerintahan Pemkab Pandeglang Siapkan Rp20 Miliar untuk Pilkades Serentak

Pemkab Pandeglang Siapkan Rp20 Miliar untuk Pilkades Serentak

Ilustrasi pengelolaan keuangan - foto istimewa

PANDEGLANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang bakal mengucurkan dana sebesar Rp20 miliar untuk kegiatan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang akan digelar di 207 desa pada 35 kecamatan.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pandeglang, Dais Iskandar mengatakan besarnya dana tersebut bersumber dari hibah APBD Pandeglang dan sebagiannya bersumber dari Anggaran Desa.

“Rp20 Miliar itu total untuk semuanya ya, mulai dari panitia tingkat kabupaten sampai panitia desa,” kata Iskandar, Selasa (8/6/2021).

Kata Iskandar, dana tersebut nantinya akan digunakan untuk biaya pengamanan, pembuatan Tempat Pemungutaan Suara (TPS) dan biaya lainnya. Dia juga memastikan bahwa para kandidat calon kepala desa tidak dipungut biaya sepeserpun.

“Jadi ada biaya hibah untuk pengamanan Pilkades mengawal kotak suara. Untuk pembiayaan calon kan tidak dibebankan kepada peserta tapi dibebankan kepada Pemkab Pandeglang,” bebernya.

Terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Pandeglang, Doni Hermawan menyampaikan dana itu nantinya akan diberikan kepada masing-masing desa yang akan melakukan Pilkades. Sedangkan untuk nominal anggaran yang nantinya diterima tergantung dari jumlah warga di desa itu.

“Bervariatif, paling sedikit Rp50 juta paling besar Rp100 jutaan. Dilihat dari jumlah penduduk dan jumlah TPS,” tambahnya. (Med/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini