Beranda Pemerintahan Pemkab Pandeglang Gagas Pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat

Pemkab Pandeglang Gagas Pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat

Pemerintah Kabupaten Pandeglang mulai menggagas pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM). Rencananya, KIM bakal dibentuk di 16 Desa yang ada di 9 Kecamatan di Pandeglang.

 

PANDEGLANG – Pemerintah Kabupaten Pandeglang mulai menggagas pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM). Rencananya, KIM bakal dibentuk di 16 Desa yang ada di 9 Kecamatan di Pandeglang.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika Sandi dan Statistik (Diskomsantik) Pandeglang, Girgijantoro mengatakan, program ini sengaja diluncurkan sebagai bentuk transparansi publik khususnya mengenai penyampaian informasi pembangunan desa.

Kata Girgi, program tersebut merupakan tugas yang diamanatkan melalui Peraturan Menkominfo Nomor 8 tahun 2010 tentang Pengembangan dan Pemberdayaan Lembaga Komunikasi Pedesaan.

“Kelompok itu dibentuk oleh masyarakat demi kepentingan penyampaian informasi kepada masyarakat,” kata Girgi saat melakukan Sosialisasi KIM sekaligus Memfasilitasi Pembentukan KIM di Kecamatan Cimanggu, Kamis (5/11/2019).

Dia mengaku saat ini instansinya masih melakukan sosialisasi mengenai tugas pokok dan fungsi (tupoksi) kelompok tersebut kepada masyarakat. Ia berharap dengan dibentuknya KIM, masyarakat bisa mendapatkan informasi seputar pembangunan yang ada di setiap desa.

“Masih kita disosialisasikan. Mudah-mudahan dengan adanya kelompok itu nanti masyarakat bisa mengetahui apa saja pembangunan yang dilakukan di semua desa. Ini juga sebagai bentuk keterbukaan informasi kepada publik,” jelasnya.

Ia melanjutkan, saat ini KIM sudah terbentuk di 4 kecamatan yakni Kecamatan Cimanggu, Cikeusik, Cibaliung, dan Cibitung.

“Dengan demikian berarti sudah ada beberapa KIM yang dibentuk, minggu depan kami lanjutkan di Kecamatan Sukaresmi, Patia, Pagelaran, Bojong, dan Picung,” tambahnya.

Sementara, Kepala Desa Batuhideung S. Rohman mengungkapkan dirinya sangat mengapresiasi Diskomsantik dengan mengadakan dan membentuk KIM, namun menurutnya demi lancarnya program tersebut, ia berharap harus ada penunjang,

“Kita butuh penunjang, seperti komunikasi Internet yang memadai, selama ini masyarakat hanya mengandalkan WiFi desa, mudah-mudahan ada bantuan penunjang,” harapnya. (Med/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ