Beranda Pariwisata Pemkab Lebak Minta Pemprov Banten Dukung Wisata Geopark Bayah Dome

Pemkab Lebak Minta Pemprov Banten Dukung Wisata Geopark Bayah Dome

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2022 - foto istimewa

LEBAK – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2022 sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017.

Acara dihadiri oleh seluruh Pimpinan Daerah Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Banten baik secara tatap muka maupun secara virtual. Turut hadir secara virtual Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Lebak, Virgojanti. Bertempat di Lebak Data Centre, Kamis (8/04/2021).

Musrenbang merupakan urusan penting dan sangat strategis dalam menentukan nasib rakyat Banten ke depan. Bukan sekadar kegiatan seremonial ataupun formalitas semata. Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur Banten Wahidin Halim dalam sambutannya saat membuka acara Musrenbang.

Gubernur berpesan agar Musrenbang mampu merumuskan program pembangunan yang bermanfaat bagi masyarakat Banten. Beliau juga mengungkapkan keprihatinannya bahwa hingga kini pandemi Covid-19 masih terjadi.

“Hal yang sangat menjadi perhatian kita semua pikiran dan konsentrasi dari Pemerintah Pusat hingga Pemerintah Daerah turun semua,” ungkapnya melalui siaran tertulis.

Gubernur juga meminta kepada segenap pihak untuk amanah dalam menyalurkan bantuan sosial (jaring pengamanan sosial) bagi masyarakat, jangan sampai dimanfaatkan untuk kepentingan diri sendiri.

Selain itu Pj Sekda Lebak, Virgojanti
menjelaskan dalam sesi diskusi bahwa Pemkab Lebak sedang mengusulkan Geopark Bayah Dome yang sudah direkomendasikan oleh Gubernur Banten kepada Kementerian ESDM serta sudah diverifikasi terkait potensi geositenya.

Ia berharap Pemprov Banten bisa bersinergi dengan Pemkab Lebak dalam mendukung pengembangan geopark ini.

“Mohon dukungan kiranya dalam perencanaan di provinsi banten khususnya dalam RPJMD-nya juga bisa tertuang terkait dengan upaya pengembangan geopark di Provinsi Banten,” kata Pj Sekda.

Dia menyatakan warisan geologi ini juga bisa menjadi kekayaan dan potensi geo wisata yang ada di Provinsi Banten.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini