Beranda Pemerintahan Pemilu di Banten Aman, Gubernur: yang Terpilih Semoga Bisa Sejahterakan Rakyat

Pemilu di Banten Aman, Gubernur: yang Terpilih Semoga Bisa Sejahterakan Rakyat

Gubernur Banten Wahidin Halim saat melakukan pemantauan Pemilu 2019

SERANG – Gubernur Banten Wahidin Halim menyatakan bahwa pelaksanaan Pemilu 2019 di Provinsi Banten berjalan aman dan langsung, umum, bebas dan rahasia (Luber).

Pernyataan tersebut berdasarkan hasil monitoring langsung ke lapangan serta laporan yang diterima baik dari KPU, Bawaslu Banten dan stakeholder lain yang terkait dalam penyelenggaraan Pemilu 2019 di Provinsi Banten.

Ia berharap, para calon yang terpilih nantinya dapat menyejahterakan masyarakat dan Banten tidak terjadi konflik yang dapat memicu perpecahan.

Hal itu dikatakan Wahidin usai menggunakan hak pilihnya di TPS 03 Kecamatan Pinang yang kemudian dilanjutkan dengan melakukan monitoring di beberapa TPS di wilayah Tangerang baik Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan.

Berdasarkan pantauan di lapangan, Sambil menggendong cucunya, Wahidin Halim mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) 03 Kecamatan Pinang, Rabu (17/4/2019) sekitar pukul 08.00 WIB untuk menggunakan hak pilihnya.

Usai mencoblos, Gubernur juga mengunjungi beberapa TPS di Kecamatan Pinang di antaranya TPS 12, TPS 1, TPS 66 RW 4, TPS 65, TPS 61, TPS 64, TPS 63, TPS 60, TPS 59 RW 6, TPS 57 RW 05, TPS 45 Graha Raya, dan TPS-TPS lainnya.

Di setiap TPS yang dikunjunginya, Wahidin menanyakan setiap KPPS terkait pelaksanaan pemungutan suara seperti kelancaran pelaksanaan, jumlah DPT, partisipasi pemilih, dan hal lainnya. Secara umum, KPPS melaporkan kepada Gubernur bahwa pelaksanaan Pemilu 2019 berjalan aman dan lancar dengan tingkat partisipasi pemilih yang tinggi.

Bahkan, Gubernur juga menemukan pemilih disabilitas yang menunggu giliran mencoblos di salah satu TPS. Di sela monitoring, Gubernur mendapatkan laporan tentang adanya surat suara di TPS 65 kelurahan Cipondoh Makmur, saat itu juga Gubernur menghampiri TPS tersebut dan mengecek langsung dan ternyata hanya ada kerusakan satu lembar surat suara.

“Harapannya, tetap berjalan aman dan Luber, tidak terjadi konflik sosial dan lainnya, dan yang terpilih nantinya bisa menyejahterakan masyarakat Banten. Tapi saya yakin masyarakat Banten itu baik, buktinya sampai sekarang tidak ada komunikasi terjadinya perpecahan dan sebagainya,” tegas Wahidin.

Gubernur mengatakan, dari laporan Ketua RW 6, pelaksanaan Pemilu 2019 berjalan aman dan lancar bahkan partispasi pemilih yang masuk sudah hampor 80 persen. Untuk Banten, Gubernur memprediksi partisipasi pemilih bisa mencapai 70 persen dan itu sudah cukup bagus. Bahkan, golongan pemilih yang sebelumnya dikhawatirkan akan golput justru berpartisipasi cukup tinggi.

“Jadi masyarakat yang dikhawatirkan golput ini ternyata nggak golput. Laporan dari Lebak katanya partisipasi juga bagus, malah di desa-desa itu tinggi lho partisipasinya. Banyak kekhawatiran orang juga partisipasi pemilih di perkotaan rendah, ternyata faktanya tinggi,” terangnya.

Gubernur menambahkan, tingginya partisipasi Pemilih di Banten dapat diindikasikan bahwa tingkat kesadaran politik masyarakat sudah meningkat signifikan. Hal ini tentu tidak terlepas dari segala bentuk upaya penyelenggara Pemilu, pemerintah dan unsur stakeholder terkait melalui sosialisasi-sosialisasi untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terhadap pentingnya menggunakan hak pilih dalam Pemilu. (You/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini