Beranda Nasional Pemerintah Wacanakan Relokasi Korban Gempa di Pandeglang

Pemerintah Wacanakan Relokasi Korban Gempa di Pandeglang

Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat mengunjungi korban gempa di Kabupaten Pandeglang. (Memed/bantennews)

PANDEGLANG – Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI) Ma’ruf Amin hari ini mengunjungi warga yang terdampak gempa  bumi di Kampung Cibelah, Desa Munjul, Kecamatan Munjul, Kabupaten Pandeglang.

Dalam kunjungan itu, Wapres meninjau langsung dua rumah warga yang terdampak gempa milik Ina Supartini dan Haerudin yang rumahnya rusak hampir 80 persen karena  gempa.

Wapres berjanji akan membangun rumah milik warga yang terdampak gempa sesuai dengan jenis kerusakannya. Namun kata Wapres, untuk sementara sebelum dibangunkan kembali warga yang rumahnya rusak berat diberikan bantuan pangan dan tenda darurat.

“Ada yang rumahnya rusak berat dan sedang itu kami akan berikan bantuan sesuai kerusakan. Sementara ini dari Kemensos membuatkan tenda sementara dan bantuan konsumsi,” kata Wapres saat mengunjungi rumah warga, Kamis (20/1/2022).

Selain  akan membangun kembali rumah warga yang mengalami rusak berat, kata Wapres, saat ini pemerintah pusat juga sedang mengkaji terkait rencana relokasi di beberapa titik yang sering terjadi bencana

” Karena melihat sering terjadinya gempa dan korban yang terus menerus ini yang sedang dipikirkan pemerintah,” ucapnya.

Wapres menegaskan, saat ini pemerintah tidak lepas tangan saat terjadi bencana, salah satu buktinya ialah dengan terus memantau korban dan kerusakan yang diakibatkan oleh bencana.

“Saya kira pemerintah terus memantau kebutuhan pangan termasuk juga fasilitas umum yang rusak. Doain aja segera sukses,” tutupnya. (Med/Red)