Beranda Pemerintahan Pemerintah Pusat Kesal Bansos ke Masyarakat Tertahan di Daerah

Pemerintah Pusat Kesal Bansos ke Masyarakat Tertahan di Daerah

Puan Maharani - foto istimewa Tribunnews.com

JAKARTA – Ketua DPR RI Puan Maharani meminta pemerintah memastikan bantuan untuk rakyat yang terdampak pandemi Covid-19 benar-benar bisa sampai kepada yang berhak. Puan juag menyoroti pernyataan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati bahwa bantuan sosial (bansos) untuk desa banyak tertahan di pemerintah daerah.

Dari total pagu anggaran Rp11,51 triliun realisasi bantuan untuk warga desa baru tersalurkan Rp983 miliar. Dari sekian banyak provinsi serta kabupaten kota baru 21 pemerintah daerah yang tercatat telah menyalurkan bantuan untuk desa dengan realisasi lebih dari 50 persen alokasi hingga Juli 2021.

Puan juga mengingatkan penanganan masyarakat terkait Covid-19 memang penentu bagi ekonomi masyarakat agar bisa bergerak kembali. “Karena itu semua bantuan yang sudah dirancang dari kebijakan penanganan Covid-19 seharusnya menjadi prioritas seluruh jajaran pepemrintah untuk menyampaikan bantuan agar tepat sasaran dan tepat momentum,” ujarnya.

Presiden Jokowi sebelumnya menegur keras agar pemerintah daerah dapat segera mencairkan dan merealisasikan anggaran yang ada. Pemerintah akan membantu pemulihan ekonomi.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian juga menyoroti banyaknya anggaran daerah yang masih mengendap di perbankan. Padahal pemerintah pusat berharap Pemda segera merealisasikan anggaran tersebut. (you/red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniÂ