Beranda Peristiwa Pemerintah Jamin Stok dan Harga Pangan Aman Selama Libur Nataru

Pemerintah Jamin Stok dan Harga Pangan Aman Selama Libur Nataru

Ilustrasi Pasar Tradisional - foto istimewa liputan6.com

SERANG – Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) memastikan ketersediaan bahan pangan cukup selama perayaan natal dan tahun baru (Nataru) tahun 2019.

Inspektur Jenderal II Kementerian Perdagangan Etti Susilowaty mengatakan, berdasarkan hasil pemantauan bahwa ketersedian dan harga pangan menjelang hari natal dan tahun baru di Pasar Induk Rau, Kota Serang, Banten dinilai stabil hingga pelaksanaan perayaan natal dan tahun baru.

Namun, menurutnya, masih ada komoditas yang mengalami kenaikan harga mencapai Rp 36 ribu dari harga normal Rp 22 ribu. Kenaikan tersebu masih dinilai wajar.

“Harga sudah mulai stabil dan stok cukup. mungkin lebih ada kenaikan sedikit di bawang merah yah yang lainnya cukup alhamdulillah mudah-mudahan sampai ke natal dan tahun baru,” kata Etti saat meninjau stok dan harga pangan di Pasar Rau, Kamis (21/11/2019).

Untuk mengantisipasi kemungkinan kenaikan harga dan kelangkaan stok pangan mendekati Nataru, pihaknya akan terus berkordinasi dengan pemerintah daerah dan membentuk tim pemantau langsung ke setiap pasar induk.

“Makanya kita antisipasi dengan rapat kordinasi dan ada tim penetrasi. Kita ada tim pemantauan nanti tiap ada kenaikan harga lapor ke pusat. Kita cepat antisipasi sehingga ada solusinya jadi engga sampe terlalu lama,” katanya.

Etti optimis ketersedian stok dan harga pangan akan normal hingga perayaan nataru.”Alhamdulillah dua tahun terakhir ini lebaran kita tetap stabil akibat penetrasi pasar kita semua pantau,” katanya. (ink/red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ