Beranda Internasional Pemerintah Indonesia Kirim 51,5 Ton Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina

Pemerintah Indonesia Kirim 51,5 Ton Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina

Presiden Jokowi memimpin pengiriman bantuan tahap pertama Indonesia untuk Palestina dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (4/11/2023). (Ist)

JAKARTA – Indonesia mengirimkan 51,5 ton bantuan kemanusiaan tahap pertama ke Palestina pada Sabtu (4/11/2023). Bantuan itu diterbangkan lewat Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur menggunakan tiga pesawat Hercules C-130 milik TNI Angkatan Udara.

Prosesi pengiriman bantuan ke Palestina itu dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Ini adalah bantuan tahap pertama, dibawa menggunakan tiga pesawat dan berisi 51,5 ton bantuan, berupa bahan makanan, alat medis, selimut, tenda, dan barang-barang logistik lainnya, yang telah disesuaikan dengan kebutuhan yang ada di Gaza. Dan untuk bantuan selanjutnya juga sedang dalam proses dipersiapkan,” kata Presiden Jokowi.

Kata dia, bantuan itu bukan hanya dari pemerintah, namun juga dari masyarakat, dan para pengusaha yang disalurkan lewat lembaga kemanusian.

“Ada dari Baznas, IHA, PMI, Kita Bisa, dan juga pemerintah, TNI Polri. Yang selanjutnya kita harapkan akan semakin banyak bantuan-bantuan dari masyarakat dan dunia usaha,” ujar Jokowi.

Bantuan tersebuh akan diterbangkan ke Bandara El Arish, Mesir, kemudian disalurkan ke Gaza, Palestina. Bantuan ini merupakan wujud solidaritas Indonesia kepada Palestina.

“Wujud kepedulian bangsa Indonesia terhadap kemanusian, karena tragedi kemanusiaan yang ada di Gaza, tidak dapat diterima dan harus sesegera mungkin harus dihentikan. Saya ingin menekankan kembali bahwa Indonesia akan terus bersama perjuangan bangsa Palestina,” tegas Jokowi. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniÂ