Beranda Pemerintahan Pemerintah Cairkan Anggaran Bencana Alam Sebesar Rp2,1 Triliun

Pemerintah Cairkan Anggaran Bencana Alam Sebesar Rp2,1 Triliun

Petugas SAR melakukan evakuasi terhadap korban gempa di Palu dan Donggala - foto istimewa detik.com

JAKARTA –  Pemerintah telah membelanjakan anggaran dari cadangan bencana alam dalam APBN 2018 sebesar Rp2,1 triliun.

“Termasuk Rp683,6 miliar dialokasikan kepada BNPB (Bantuan Nasional Penanggulangan Bencana) untuk bantuan stimulan rumah rusak bagi 23.105 unit tahap pertama serta bantuan logistik dan operasi tanggap darurat,” ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam keterangan resmi yang dikutip cnnindonesia.com, Minggu (7/10/2018).

Sri Mulyani juga telah menyalurkan Rp711 miliar untuk lima kementerian guna menangani dampak bencana alam. Kelima kementerian tersebut, yakni Kementerian Sosial, Kementerian Kesehatan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta Kementerian ESDM.

“Saat ini Kemenkeu dan BNPB juga sedang menyelesaikan penganggaran untuk bantuan stimulan perbaikan rumah tahap II untuk 19.112 rumah,” jelas dia.

Ia menekankan penyaluran bantuan dilakukan secara transparan dan akuntabel.

Anggaran bantuan yang diberikan pemerintah tak hanya mencakup bantuan logistik dan tanggap darurat, tetapi juga perbaikan rumah serta uang jaminan hidup bagi para warga terdampak gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Sri Mulyani juga sebelumnya mengaku telah mencairkan anggaran sebesar Rp560 miliar untuk penanganan gempa dan tsunami di Donggala dan Palu.

Agustus kemarin, gempa mengguncang Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat dimulai dari 6,4 skala Richter pada 29 Juli 2018 dan diikuti 524 gempa susulan. Sebulan kemudian, gempa berkekuatan 7,4 skala richter di susul tsunami memporak-porandakan Kota Palu dan Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. (red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini