Beranda Peristiwa Pembukaan MTQ Banten 2020 Gunakan Protokol Kesehatan Secara Ketat

Pembukaan MTQ Banten 2020 Gunakan Protokol Kesehatan Secara Ketat

Ketua Panitia MTQ Banten Sholeh Hidayat meninjau persiapan pembukaan MTQ di Aula Pendopo Gubermur Banten

SERANG – Pembukaan penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Banten selalu digelar meriah dan melibatkan banyak penonton. Namun pada MTQ XVII pada 10-15 Agustus 2020, seremonial pembukaan akan dilaksanakan secara sederhana dan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Pembukaan pada Senin, 10 Agustus 2020, pukul 09.30 WIB di aula pendopo Gubernur Banten akan dihadiri sekitar 30 orang. Antara lain Gubenur Banten Wahidin Halim, Wakil Gubernur Andika Hazrumy, Sekda Banten Al Muktabar , ketua DPRD Banten, perwakilan instansi vertikal, bupati dan walikota, perwakilan Pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Banten, dan Dewan Hakim MTQ.

Seremonial acara pembukaan yaitu menyanyikan lagu Indonesia Raya, pembacaan ayat suci Alquran, pengenalan kafilah kabupaten dan kota secara virtual, laporan ketua panitia, laporan ketua harian LPTQ Banten, pebgukuhan Dewan Hakim, sambutan Gubernur Banten sekaligus membuka acara MTQ, dan penyerahan piala bergilir MTQ Banten dari Gubernur kepada ketua panitia MTQ.

Bagi kafilah kabupaten dan kota, dapat ikut pembukaan MTQ melalui Zoom Meeting. “Tamu undangan terbatas. Dari LPTQ hanya perwakilan saja. Begitu pula dengan Dewan Hakim, hanya perwakilannya saja,” kata
Ketua Penyelenggara MTQ XVII tingkat Provinsi Banten Sholeh Hidayat saat rapat persiapan, Minggu (9/8/2020).

Hari pertama MTQ, lanjut Sholeh, setelah pembukaan dilanjutkan dengan registrasi peserta oleh masing-masing perwakilan kafilah kabupaten dan kota. Adapun pelaksanaan musabaqah di lingkungan Masjid Raya Albantani dilaksanakan mulai Selasa-Jumat, 11-14 Agustus 2020. Sementara acara penutupan pada Sabtu, 15 Agustus 2020.

“Bagi masyarakat yang ingin menyaksikan MTQ, tinggal masuk ke channel YouTube LPTQ Provinsi Banten mulai pukul 09.00 WIB sampai selesai,” kata Sholeh.

Adapun cabang-cabang yang dimusabaqohkan sebanyak 14 majlis cabang yaitu: Tilawah Dewasa, Qiro’at Alquran, Tilawah Golongan Remaja dan Anak-anak, Tilawah Golongan Cacat Netra dan Murattal, Qiro’at Murattal golongan Dewasa dan Remaja, Tahfidz Golongan I dan 5 Juz serta Tilawah.

Selanjutnya, Tahfidz golongan 10 dan 20 Juz, Tahfidz 30 Juz dan Tafsir bahasa Arab, Tafsir Bahasa Indonesia dan Inggris, Fahmil Quran, Syarhil Quran, Khat Alquran, Maqalah Alquran, Qiro’atul Kutub golongan Ula dan Wustho, Qiro’atul Kutub golongan ‘Ulya Hadits 100 dan 500.

Ketua Harian LPTQ Provinsi Banten Syibli Syarjaya berharap pelaksanaan MTQ XVII tingkat Provinsi Banten berjalan aman dan lancar. “Saksikan acara MTQ kali ini di rumah saja melalui channel YouTube LPTQ Provinsi Banten. Mari kita berdoa semoga MTQ sukses dan lancar,” kata Syibli.

Menurutnya, pelaksanaan MTQ ini sebagai salah satu persiapan dan tahapan Provinsi Banten ikut MTQ tingkat Nasional ke-28 di Sumatra Barat pada 21-28 November 2020. “Kami berharap MTQ Banten melahirkan qori qoriah terbaik untuk pentas di MTQ nasional. Kami juga berharap doa dan dukungan dari warga agar Banten tetap dapat mengukir prestasi terbaik di ajang nasional,” katanya.

(You/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini