Beranda Advertorial Pemberian Vaksin Rotavirus dan HPV di Banten Dimulai Agustus 2023

Pemberian Vaksin Rotavirus dan HPV di Banten Dimulai Agustus 2023

Kepala Dinkes Banten Ati Pramudji Hastuti.

PEMERINTAH Provinsi Banten melalui Dinas Kesehatan akan memperkenalkan vaksin Rotavirus (RV) dan Human Papilomavirus HPV kepada masyarakat. Imunisasi Rotavirus dan HPV rencanakan akan dimulai pada Agustus 2023.

Diketahui vaksin Rotavirus diberikan kepada bayi untuk mencegah penyakit akibat infeksi rotavirus, seperti diare. Sementara HPV merupakan jenis vaksin yang dapat membantu melindungi individu dari infeksi HPV yang merupakan penyebab utama kanker serviks.

Hal ini terungkap dalam kegiatan Pembelajaran BIAS dan Introduksi Antigen Baru di Provinsi Banten yang digelar Dinkes Banten pada 26 Juli 2023.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten Ati Pramudji Hastuti mengungkapkan jadwal pelaksanaan introduksi vaksin Rotavirus dan HPV di Provinsi Banten.

Disebutkan bahwa Imunisasi Rotavitus (RV) dilaksanakan mulai 15 Agustus 2023 dengan sasaran yaitu bayi baru lahir mulai tanggal 16 Mei 2023 atau bayi berusia dua bulan.

Vaksin tersebut diberikan sebanyak 3 dosis secara oral/tetes. Dosis 1 diperuntukkan bagi bayi berusia 2 bulan, dosis 2 untuk bayi berusia 3 bulan dan dosis 3 untuk bayi usia 4 bulan. Imunisasi Rotavirus dapat dikejar sampai usia bayi 6 bulan 29 hari.
Kemudian Vaksin Human Papilomavirus (HPV) akan dilaksanakan mulai 8 Agustus 2023 dengan sasaran anak perempuan kelas 5 SD atau anak perempuan usia 11 Tahun. HPV diberikan sebanyak 2 dosis di lengan secara intramuscular.

Untuk dosis 1 diperuntukkan bagi anak perempuan kelas 5 SD/MI atau sederajat dan dosis 2 untuk anak perempuan kelas 6 SD/MI sederajat.

“Rencana pendistribusian vaksin Rotavirus dan HPV dan logistik ke seluruh kabupaten/kota akan dilaksanakan di minggu ke-1 bulan Agustus 2023,” ujar Ati.

Provinsi Banten sendiri telah menerima vaksin Rotavirus tahap 1 per 24 Juli 2023 sebanyak 30.179 vial.

Dijelaskan, Dinkes Banten telah melakukan berbagai persiapan dalam rangka introduksi vaksin Rotavirus dan HPV. Di antaranya mengeluarkan surat edaran Dinkes Bantenkepada kabupaten kota dalam pelaksanaan imunisasi Rotavirus dan HPV.
Kemudian sosialisasi kebijakan Rotavirus dan HPV Mikroplanning dan asesmen kesiapan pelaksanaan Rotavirus dan HPV.

Diketahui, Introduksi vaksin baru di Provinsi Banten diawali dengan pemberian vaksin PCV dan IPV dosis ke-2 pada tahun 2022.

Introduksi vaksin PCV dilaksanakan serentak di 8 kabupaten kota se-Banten pada 12 September 2022 dengan sasaran bayi lahir mulai tanggal 13 Juni 2022 (bayi usia 2 bulan).

Introduksi vaksin IPV dosis ke-2 dilaksankan pada Desember 2022 dengan sasaran bayi usia 9 bulan yang sudah menerima dosis pertama IPV.
Dinas Kesehatan bersama seluruh OPD dan organisasi profesi terkait lainnya melakukan sosialisasi, edukasi, dan advokasi terkait pelaksanaan introduksi vaksin baru kepada masyarakat , lintas sektor dan lintas program.
Dinkes Banten memfasilitasi sarana prasarana termasuk vaksin dan logistik kegiatan imunisasi rutin, lanjutan dan introduksi vaksin baru serta memfasilitasi kebutuhan tenaga kesehatan yang memiliki kompetensi dalam memberikan layanan imunisasi.

Seluruh fasilitas kesehatan baik Puskesmas, RS, klinik, Posyandu, Praktik Bidan Mandiri dan lainnya menyelenggarakan kegiatan imunisasi rutin dan lanjutan (BIAS) termasuk introduksi vaksin baru pada bayi sesuai umur terjadwal. (Adv)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News