Beranda Peristiwa Pembebasan Lahan Tol Serang – Panimbang Dipercepat

Pembebasan Lahan Tol Serang – Panimbang Dipercepat

Ilustrasi Pembangunan Jalan Tol - foto istimewa Bisnis.com

LEBAK – Sejumlah bidang lahan di enam desa di Kecamatan Cibadak segera dibebaskan untuk percepatan proyek pembangunan jalan Tol Serang-Panimbang. Lahan tersebut tersebar di Desa Cisangu, Bojongcae, Panancangan, Pasar Keong, Kadu Agung Tengah dan Desa Bojong Leles.

“Kita fokus percepat pembebasan lahan di Cibadak dulu. Di enam desa,” kata Asda I Pemkab Lebak, Alkadri, Sabtu (20/10/2018).

Alkadri menjelaskan, sebenarnya di enam desa tersebut beberapa bidang lahan sudah dibebaskan.

“Tapi memang ada beberapa yang belum. Nah yang tertinggalnya ini kita pacu di bulan ini untuk kita tuntaskan,” katanya.

Alkadri mengaku, pelaksanaan pembebasan lahan menghadapi kendala. Beberapa pemilik telah mengajukan keberatan.

“Artinya harga ganti rugi, mereka anggap belum pas. Karena mereka membandingkan tanah di sampingnya oleh tim appraisal dihargai lebih tinggi,” katanya.

Tim appraisal memberikan harga tinggi karena memang bidang tanah dilewati akses jalan. Sehingga harga penawaran menjadi berbeda pada tanah yang berada di belakangnya.

“Harga yang ditawarkan masih kurang pas dan mereka menuntut supaya harganya mendekati,” katanya.

Selain masalah harga, terdapat bidang lahan belum dibayarkan ganti rugi.

“Lahan mereka belum dibayarkan tapi sudah dipakai untuk mobilisasi kendaraan proyek. Tapi terkait hal itu sudah disepakati bersama antara pemilik dan pelaksana proyek untuk disewa dulu,” katanya.

Alkadri mengungkapkan, kemarin tim pengadaan lahan jalan tol menggelar rapat. Khusus membahas percepatan pengadaan lahan di enam desa. “Ditargetkan selesai dalam sebulan,” katanya. (Ali/Red)