Beranda Pemerintahan Pembangunan Huntap Korban Tsunami Akan Dilelangkan Tahun Depan

Pembangunan Huntap Korban Tsunami Akan Dilelangkan Tahun Depan

Bupati Pandeglang Irna Narulita.

PANDEGLANG – Proses pembangunan Hunian Tetap (Huntap) bagi para korban tsunami Selat Sunda di Kabupaten Pandeglang akan dilelangkan pada tahun 2020 mendatang.

Awalnya pembangunan itu akan dikerjakan oleh Badan Nasional Penaggulangan Bencana (BNPB), akan tetapi setelah adanya perubahan aturan, kewenangan itu akan dilimpahkan ke pemerintah daerah.

Akibat adanya perubahan regulasi itu, maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang harus menyelenggarakan tahap lelang untuk membangun ratusan Huntap. Padahal bupati menjanjikan, pembangunan Huntap bisa selesai setelah Lebaran Idul Fitri tahun ini.

“Padahal saya berharap Huntap bisa dikerjakan oleh pusat. Tetapi aturannya berubah terus hingga sekarang menunjuk Pemda untuk mengerjakan. Jadi mekanisme akan melalui tender,” jelas Bupati Pandeglang, Irna Narulita, Selasa (24/12/2019).

Kata Irna, rencana itu sudah disampaikan ke Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) agar tidak menimbulkan persoalan dikemudian hari.

“Saya sih berharap bulan Januari sudah mulai dilakukan lelang dini sebagai program prioritas. Kami sudah menyampaikan ke LKPP perihal rencana ini supaya tidak ada kesalahan dikemudian hari,” ujarnya.

Irna menyebut, nilai yang dikucurkan pemerintah pusat untuk pembangunan Huntap sekitar Rp75 miliar. Jumlah itu akan dibangunkan 709 unit Huntap yang tersebar di empat lokasi, yakni di Kecamatan Sumur, Panimbang, Labuan, dan Carita.

“Bantuan ini sebesar Rp75 miliar dari BNPB yang tersebar di empat titik. Untuk fasos fasumnya juga akan kami bangun,” sebut bupati.

Bupati pun memastikan bahwa lahan untuk pembangunan Huntap saat ini sudah selesai. Hanya beberapa petak lagi di Kecamatan Labuan yang masih berproses karena terkendala dengan perbedaan harga.

“Semua lahan sudah siap dibangun walaupun sebelumnya ada kendala pada harga. Hanya beberapa petak tanah di Labuan yang belum selesai namun akan segera diselesaikan sambil proses pengadaan,” tutupnya.

(Med/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini