Beranda Peristiwa Pemanfaatan Agregat Slag Baja, PT Krakatau Posco Bangun Eco-Parking di Area di...

Pemanfaatan Agregat Slag Baja, PT Krakatau Posco Bangun Eco-Parking di Area di Stadion Seruni Cilegon

Seremoni serah-terima material agregat slag baja untuk Pembangunan Krakatau Posco Eco-Parking Area Stadion Seruni

CILEGON – PT Krakatau Posco menggelar seremoni serah-terima material agregat slag baja untuk Pembangunan Krakatau Posco Eco-Parking Area Stadion Seruni, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon.

Area parkir Stadion Seruni yang merupakan stadion bertaraf nasional ini menggunakan 22.088 ton agregat slag baja yang secara khusus didonasikan perusahaan patungan Indonesia-Korea itu untuk Kota Cilegon sebagai salah satu implementasi dari program Corporate Citizenship.

Program Corporate Citizenship merupakan program kepedulian perusahaan terhadap seluruh stakeholder termasuk dalam hal lingkungan hidup. Krakatau Posco Eco-Parking Area ini juga merupakan suatu proyek percontohan dalam penggunaan produk ramah lingkungan sekaligus bentuk sinergi antara industri dan pemerintah dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Implementasi penggunaan agregat slag baja untuk Eco-Parking Area ini dimulai sejak November hingga Desember 2021. Pada acara seremoni serah terima yang berlangsung di Stadion Seruni tersebut, hadir mewakili Perusahaan yakni Zaenal Arifin Muslim selaku Direktur Technology and Business Development PT Krakatau Posco, menyampaikan penjelasan terkait Krakatau Posco Eco-Parking Area yang menggunakan produk agregat slag baja Perusahaan.

“Sebagai informasi, agregat slag baja merupakan suatu produk samping yang dihasilkan dari Pabrik Baja Terpadu Krakatau Posco untuk menggantikan agregat alam yang saat ini banyak digunakan dari hasil pengerukan batu alam. Atas pemaparan tersebut, maka area parkir ini dikategorikan sebagai Eco-Parking Area karena produk ramah lingkungan yang digunakan,” kata Zaenal.

Selain dapat menggantikan peran dari agregat alam, agregat slag baja ini juga memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan agregat alam dan agregat slag lainnya. Sebagai contoh keunggulan-keunggulannya adalah CBR (California Bearing Ratio) lebih tinggi, lebih anti slip, lebih stabil, tidak mudah terkelupas akibat air, lebih kaku dan saling mengikat satu sama lain/memiliki sifat kohesif yang tinggi, dan sangat kompatibel dengan aspal.

Keunggulan dengan ketahanan yang tinggi tersebut dapat mengurangi biaya pemeliharaan area parkir/jalan. Hal ini tentunya membantu pelaksanaan proyek pembangunan yang efektif dan optimal.

Berdasarkan beberapa pengalaman proyek yang menggunakan agregat slag baja, keunggulan lainnya adalah proses pemadatan dapat berjalan lebih cepat. Hal ini karena bentuk agregat slag baja yang lebih kubikal dapat dengan cepat mengikat dan mengunci satu sama lain. Dengan demikian, waktu pekerjaan pemadatan dapat lebih efisien.

Penggunaan slag baja tidak terbatas hanya untuk area parkir atau jalan, secara global, slag baja juga dapat digunakan untuk pembuatan beton, pupuk, terumbu karang buatan, dan lain sebagainya. Krakatau Posco terus berupaya mengembangkan variasi penggunaan slag baja dan siap mendukung Pemerintah Kota Cilegon dalam melakukan pembangunan kota ramah lingkungan seperti penggunaan beton berbahan baku slag baja untuk Green-Building.

Hal ini sejalan dengan program pemerintah pusat untuk megurangi efek gas rumah kaca. Dikutip dari website Nippon Slag Association, penggunaan slag baja untuk beton setidaknya dapat menurunkan emisi CO2 sebesar 40%.
Pemanfaatan agregat slag baja di Indonesia masih tehitung langka dikarenakan sumber industrinya yang terbatas dan terkait belum masifnya pengenalan produk tersebut ke masyarakat. Di negara-negara maju seperti Korea dan Jepang, penggunaan slag baja ini sangat diminati dan dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan.

Walikota Cilegon, Helldy Agustian yang hadir dalam acara inti yakni tasyakuran di Stadion Seruni, turut menyaksikan seremoni serah-terima agregat slag baja dari perusahaan ke pihak Pemerintah Kota Cilegon untuk pemanfaatan pada proyek tersebut. Helldy mengapresiasi sinergi baik yang terjalin dan berharap apa yang telah terlaksana ini membawa manfaat baik bagi Kota Cilegon serta masyarakatnya.

Tak hanya itu, setelah acara pengajian bersama, Helldy menyerahkan santunan kepada 100 anak yatim dan dhuafa dan dilanjutkan dengan distribusi sembilan unit kursi roda yang merupakan bentuk donasi dari Krakatau Posco melalui Dinas Sosial Kota Cilegon.

Kursi roda ini diberikan sebagai wujud sinergi perusahaan dengan instansi pemerintahan setempat sekaligus kepedulian terhadap masyarakat Kota Cilegon.

(Man/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini