Beranda Pemerintahan Pelayanan Disdukcapil Kota Serang Dikeluhkan Warga

Pelayanan Disdukcapil Kota Serang Dikeluhkan Warga

PJ Walikota Serang Yedi Rahmat sidak ke Disdukcapil. (Ade/bantennews)

SERANG – Pelayanan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Serang Dikeluhkan warga.

Yosa, warga Kecamatan Cipocokjaya menceritakan bahwa dirinya datang untuk mencetak KTP anaknya ke Disdukcapil sementara perekaman sudah dilakukan sebelumnya di kantor kecamatan. Ia datang sekitar pukul 08.15 WIB dan mendapat antrean nomor 30. “Mau ditungguin tapi kata petugasnya masih lama akhirnya saya tinggal pulang dulu,” ujarnya, Selasa (2/1/2024).

Sekitar pukul 11.15 dirinya kembali ke kantor Disdukcapil namun nyatanya KTP anaknya belum juga dicetak. Nomor antrean masih menumpuk. Awalnya ia berfikir bahwa keterlambatan itu karena banyaknya antrean. Namun saat ia bertanya ke beberapa warga yang sudah beres, dirinya kaget ternyata antrean mereka lebih besar dari antrean milik anaknya. “Ternyata yang nomor antrean 38 dan 45 saja dah beres, gue yang nomor 30 belum diapa-apain,” ungkapnya kesal.

Ia lalu mempertanyakan kepada petugas, namun jawabannya malah tak tegas. Ada petugas yang mengatakan bahwa pelayanan berdasarkan warga yang datang duluan namun ada juga berdasarkan tumpukan berkas bukan berdasar antrean.

“Akhirnya gue protes, baru deh dikerjain punya gue. Masa mesti protes dan dulu baru dilayanin,” ujarnya.

Sidak Pj Walikota

Sementara itu Penjabat Walikota Serang Yedi Rahmat hari ini melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Disdukcapil Kota Serang. Sidak ini dilakukan untuk memastikan pelayanan Disdukcapil Kota Serang berjalan baik di awal tahun 2024.

Pada sidak tersebut, Yedi Rahmat meninjau langsung pelayanan Disdukcapil Kota Serang, mulai dari pelayanan pembuatan KTP-el, kartu keluarga, akta kelahiran, dan akta kematian. Yedi Rahmat juga meninjau sarana dan prasarana Disdukcapil Kota Serang.

 

Yedi Rahmat mengapresiasi pelayanan Disdukcapil Kota Serang yang dinilainya berjalan lancar dan tertib. Yedi Rahmat juga memberikan beberapa arahan kepada Kepala Disdukcapil Kota Serang, Dul Barid untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Pelayanan Disdukcapil Kota Serang sudah berjalan baik. Namun, ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan, seperti kecepatan pelayanan dan kenyamanan masyarakat agar tidak terjadi penumpukan warga ngantre,” katanya.

Yedi Rahmat juga meminta Disdukcapil Kota Serang untuk meningkatkan sosialisasi tentang pelayanannya kepada masyarakat. Hal ini agar masyarakat mengetahui informasi tentang pelayanan Disdukcapil Kota Serang.

Kepala Disdukcapil Kota Serang, Dul Barid, mengatakan bahwa pihaknya akan berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. “Terkait arahan pak Pj, kedepan kami juga akan meningkatkan pelayanan agar warga yang membuat administrasi kependudukan (adminduk) ini bisa lebih cepat dengan berbagai program yang kami punya,” ujarnya. (Ink/Dhe/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini