Beranda Kesehatan Pelayanan Cek Virus Corona di RSUD Tangerang Berbayar

Pelayanan Cek Virus Corona di RSUD Tangerang Berbayar

KAB TANGERANG – Pelayanan cek virus corona di RSUD Tangerang tenyata harus berbayar. Hal ini dialami sejumlah awak media yang akan melakukan pemeriksaan di rumah sakit plat merah tersebut. Inisatif cek virus corona ini dilakukan wartawan karena khawatir setelah dalam beberapa hari ini mereka bekerja dan beberapa kali dekat dengan pasien yang dinyatakan positif corona.

Rombongan awak media pada saat ingin melakukan pengecekan virus corona di RSUD Tangerang merasa bingung. Pasalnya,  tidak ada loket pelayanan khusus dan harus bayar.

Salah satunya dialami Ega Alf, wartawan Tribunjakarta.com yang mengaku bingung saat hendak melakukan tes corona pada Senin (16/3/2020) kemarin.

“Medical checknya ternyata bayar. Soalnya Pak (Bupati) Zaki sama Pak (Gubernur) Wahidin bilang semua gratis,” katanya, Selasa (17/3/2020).

Tak hanya itu, saat dirinya bertanya dengan salah satu petugas mengenai tes virus corona, petugas malah mengatakan tidak ada pemeriksaan khusus di RSUD Kabupaten Tangerang untuk virus corona.

“Awalnya bingung kenapa rujukan kok malah enggak bisa melayani pengecekan kesehatan soal virus corona. Tadi pas cek ke lokasi cuma bisa dilayani medical check up biasa, rontgen torax. Gak bisa swab mulut sama hidung,” ucapnya.

Senada disampaikan Pramitha, wartawan Liputan6.com. Ia mengaku pada saat memeriksa kesehatannya ternyata tidak bisa melayani pengecekan mendalam untuk mendeteksi virus corona, hanya pengecekan medis standar.

“Harusnya, jangan pada saat orang dengan gejala corona baru ditangani. Orang sehat namun diduga berinteraksi dengan orang yang suspect dan positif juga harus dilayani,” keluhnya.

Sementara itu Direktur Utama RSUD Tangerang Naniek Isnaini bungkam ketika dikonfirmasi terkait pengecekan virus corona atau Covid-19 yang ternyata tidak gratis.

Saat dikonfirmasi BantenNews.co.id, Naniek enggan menjawab pertanyaan terkait persoalan di atas. Dirinya berkilah akan memberikan pengumuman klarifikasi. “Nanti kami akan buat klarifikasi (pengumuman) dan dikirim infonya ya,” tandasnya, Selasa (17/3/2020).

Sebelumnya diketahui, Gubernur Banten Wahidin Halim menjelaskan, biaya seluruh pemeriksaan terkait dengan Virus Corona tidak dikenakan biaya dan seluruh biaya ditanggung oleh pemerintah.

“Enggak ada (biaya), ditanggung pemerintah,” tegas Wahidin di Pendopo Bupati Tangerang, Minggu (15/3/2020).

Tidak hanya Wahidin, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar juga menegaskan hal yang sama. Menurut Zaki, pemerintah sudah memberikan anjuran ke masyarakat untuk memeriksakan kondisi tubuhnya.

“Pokoknya kalau yang ada gejala dianjurkan ke fasilitas kesehatan, untuk pemeriksaan awal tidak ada biaya yang dibebankan,” pungkasnya.

(Tra/Ren/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini