Beranda Peristiwa Pelantikan Pengurus PMI Kabupaten Serang, Fahmi Hakim Jabat 2 Periode

Pelantikan Pengurus PMI Kabupaten Serang, Fahmi Hakim Jabat 2 Periode

Pembacaan Ikrar dan Naskah Pelantikan oleh Ketua PMI Provinsi Banten Ratu Tatu Chasanah, Jumat (9/4/2021). (Foto Nindia/BantenNews.co.id)

KAB. SERANG – Dewan Kehormatan dan Pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Serang periode 2020-2025 resmi dilantik pada Jumat (9/4/2021) di Gedung Pendopo Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang. Pelantikan dilakukan langsung oleh Bupati Serang selaku Ketua PMI Provinsi Banten, Ratu Tatu Chasanah.

Sebelum prosesi pelantikan dimulai, terlebih dahulu dilakukan pembacaan 7 Prinsip Dasar Gerakan Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah dan pembacaan Surat Keputusan (SK) Pengesahan Dewan Kehormatan dan Pengurus PMI Kabupaten Serang Periode 2020-2025.

Kemudian dilanjutkan dengan prosesi pelantikan yang ditandai pembacaan ikrar, naskah pelantikan oleh ketua PMI Provinsi Banten, penandatanganan berita acara oleh ketua PMI Kabupaten Serang dan ketua PMI Provinsi Banten, lalu dilanjutkan dengan penyematan pin pengurus serta penyerahan bendera pataka PMI.

Dengan dilantiknya Dewan Kehormatan dan Pengurus PMI Kabupaten Serang periode 2020-2025, Bupati Serang selaku Ketua PMI Provinsi Banten, Ratu Tatu Chasanah mengatakan optimis PMI Kabupaten Serang dapat lebih baik lagi.

“Saya optimis dengan melihat komposisi pengurusan di periode ini, insya Allah PMI bisa lebih berkiprah lagi membantu pemerintah dalam penanganan bencana alam juga dalam pendonor darah,” ujar Tatu.

Ia juga menyebutkan bahwa pemerintah wajib memenuhi sarana dan prasarana yang dibutuhkan PMI terkait penanganan bencana dan Unit Donor Darah (UDD).

“Pemerintah pun wajib memenuhi sarana dan prasarana yang dibutuhkan terkait dengan penanganan bencana, peningkatan SDM, kapasitas-kapasitas para relawan itu harus dilatih. Terkait dengan donor darah UDD Kabupaten Serang khususnya, ini harus dilengkapi oleh kami selaku pemerintah agar UDD ini berfungsi dengan baik,” ungkapnya.

Dikatakan Tatu, selain pemenuhan sarana dan prasarana khususnya untuk UDD Kabupaten Serang, sosialisasi mengenai donor darah pun diperlukan.

“Darah tidak bisa diproduksi oleh pabrik, ini betul-betul kita berharap kesadaran dari para pendonor. Kesadaran masyarakat di Kabupaten Serang untuk mendonorkan darah,” tuturnya.

PMI Provinsi Banten menetapkan Dewan Kehormatan PMI Kabupaten Serang masa bakti 2020-2025 yakni Wakil Bupati Serang, Pandji Tirtyasa sebagai Ketua Dewan Kehormatan PMI Kabupaten Serang  serta anggotanya yaitu Encep M, Agus Gusmana Adi Wijaya, Agus Sukmayadi, dan Syamsuddin.

Sementara itu, Fahmi Hakim kembali menjabat sebagai Ketua Pengurus PMI Kabupaten Serang dan Toto Suharto sebagai Wakil Ketua Pengurus PMI Kabupaten Serang.

Terpilih kembali menjadi ketua pengurus PMI Kabupaten Serang, Fahmi Hakim menyebutkan PMI Kabupaten Serang memiliki dua program.

“Program pertama adalah percepatan dalam rangka mentuntaskan relawan sibat yang ada pelatihan-pelatihan di seluruh desa dan kecamatan dalam rangka peningkatan siaga bencana. Kedua adalah program KSR/TSR yang ada di SMP bahkan di SD. Program tersebut untuk pembinaan menuju relawan kebencanaan, PMI (donor darah),” paparnya.

Dengan terpilihnya ketua dan wakil ketua pengurus PMI Kabupaten Serang masa bakti 2020-2025, diikuti juga dengan terpilihnya ketua bidang di dalam kepengurusan PMI Kabupaten Serang yakni Ketua Bidang Organisasi Penanggulangan Bencana dan Relawan, Abdul Basit, Ketua Bidang Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit dan Pelayanan Darah, Tarkul Wasyit, Ketua Bidang Pendidikan dan Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya, Tahyudin, serta Ketua Bidang Informasi dan Komunikasi Kerja Sama dan Kemitraan, Fikri Hilman.

(Tra/Nin/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini