Beranda Pemerintahan Pelantikan Kepala Daerah Kabupaten Serang dan Cilegon Dipercepat Besok

Pelantikan Kepala Daerah Kabupaten Serang dan Cilegon Dipercepat Besok

Ilustrasi - foto istimewa Lampost.com

SERANG – Jadwal pelantikan Bupati-Wakil Bupati Serang dan Walikota-Wakil Walikota Cilegon dimajukan dari jadwal semula yaitu Jumat 26 Februari 2021 menjadi Kamis 25 Februari 2021. Kepastian tersebut bersamaan dengan turunnya Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri (Mandagri) terkait pelantikan dua kepala daerah dan wakilnya.

Kepala Biro Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (PemKesra) Setda Pemprov Banten, Gunawan Rusminto membenarkan jika pelantikan kada Kabupaten Serang dan Kota Cilegon dipercepat. Ia juga mengaku, jika Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten telah menerima SK pelantikan dari Kemendagri.

“Iya, betul. Sebelumnya kita sudah rapat persiapan buat Jumat (26/2/2021), tapi tadi jam 14.00 WIB saya dapat info dari Kabag saya kalau SK sudah turun. Saya tanya lagi dipastikan dan tadi jam 16.00 WIB sudah diterima,” kata Gunawan saat dihubungi, Rabu (24/2/2021).

Lebih lanjut Gunawan mengaku, setelah memastikan SK tersebut turun, pihaknya langsung melaporkan kepada Gubernur Banten, Wahidim Halim.

“Saya sampaikan ke Gubernur bahwa SK sudah di tangan. Dan kata Pak Gubernur minta (pelantikan) besok. Kalau untuk jadwalnya sendiri jam 09.00 WIB,” ujarnya.

Gunawan mengungkapkan, prosesi pelantikan tetap mematuhi protokol kesehatan. “Untuk yang di dalam itu antara 20 sampai 50 orang, dan karena acara ini dipantau langsung oleh Kemendagri. Kalau ada kerumunan Gubernur bisa kena sanksi,” ungkapnya.

Untuk para pejabat di kabupaten/kota yang tidak bisa langsung menghadiri pelantikan daoat menyaksikan prosesi secara virtual. “Infonya untuk Kota Cilegon di rumah dinas Walikota untuk Kabupaten Serang di gedung DPRD,” ucapnya.

(Mir/Red)