Beranda Hukum Pelaku Pembunuhan Gadis Baduy Dijerat Pembunuhan Berencana

Pelaku Pembunuhan Gadis Baduy Dijerat Pembunuhan Berencana

Ketiga tersangka pemerkosaan dan pembunuhan gadis Baduy Luar ditangkap Polda Banten. (Wahyu/bantennews)

LEBAK – Para pelaku pembunuhan dan pemerkosaan gadis Baduy dijerat dengan Pasal 340 KUHP tentang Pembunuhan Berencana. Ketiganya, diduga sudah menyusun rencana pembunuhan dan mengintai korban selama satu bulan.

“Iya, makanya ancamannya seumur hidup. Kita upayakan itu (Pasal 340 KUHP),” kata Kapolres Lebak AKPB Dani Arianto di Mapolda Banten, Jl Syekh Nawawi Al Bantani, Serang, Kamis (5/9/2019).

Dari hasil pemeriksaan, ketika pelaku, yaitu AMS alias E (20), F (19), dan A (16), membagi peran masing-masing. Pemantauan oleh pelaku juga sudah dilakukan selama kurang-lebih 1 bulan terhadap korban.

Pelaku sempat berkali-kali datang ke saung korban untuk menawarkan handphone. Dari situ, pelaku melihat situasi sebelum melakukan kejahatan.

“Ini sudah direncanakan, siapa yang memperkosa duluan, siapa harus begini, (siapa) berbuat apa,” katanya dilansir detik.com.

“Sambil melihat situasi. Oh, jam seginibisa aksi,” sambungnya.

Dani mengatakan karena salah satu pelaku ada yang masih anak-anak, polisi juga akan menggunakan sistem peradilan anak.

“itu secara otomatis di bawah umur, ancaman hukumannya setengahnya,” paparnya.

Sebelumnya, Dirkrimum Polda BantenKombes Novri Turangga mengatakan ketiga pelaku melakukan pemerkosaan dan pembunuhan saat korban mengambil kayu bakar di belakang rumah. Pelaku utama, AMS alias E, sempat meminjam golok milik korban.

Pembunuhan dan pemerkosaan ini terjadi pada Jumat (30/8). Korban berusia 13 tahun ditemukan di saung miliknya di perkebunan Cisimeut, Lebak. Korban ditemukan dalam kondisi mengenaskan dan tak bernyawa di saung di lokasi kebun garapan di Desa Cisimeut. Hasil autopsi pada tubuh korban, ditemukan adanya luka akibat kekerasan benda tajam. Selain itu, korban mengalami pemerkosaan oleh pelaku. Ketiga pelaku ditangkap di Palembang dan Lebak.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini