Beranda Teknologi Pelaku Bisnis Skala Kecil Bisa Jadi Sasaran Empuk Penipu Online

Pelaku Bisnis Skala Kecil Bisa Jadi Sasaran Empuk Penipu Online

Ilustrasi - foto istimewa Newbit

SERANG – Pelaku bisnis skala kecil ternyata juga berpotensi untuk menjadi sasaran empuk para penipu online.

Berdasarakan keterangan perusahaan keamanan siber Kaspersky, Sabtu (14/1/2023), penipu nline yang menyasar bisnis skala kecil disebut melakukan pendekatan yang lebih individual untuk merancang skema rekayasa yang lebih meyakinkan korban.

Berikut beberapa skema rekayasa sosial yang paling umum digunakan penipu untuk menjebak pengusaha kecil :

Melakukan pemerasan lewat ulasan buruk

Reputasi yang baik tentu akan membawa keuntungan berarti bagi bisnis. Namun, para penipu kerap memberikan ulasan negatif tentang bisnis Anda kemudian mengirimkan pesan melalui email yang menawarkan untuk menghapus ulasan dengan membayar sejumlah uang.

Acara palsu

Para penipu online biasanya kerap memanfaatkan cara-cara seperti undangan konferensi, roundtable, atau diskusi menarik untuk menjaring para pebisnis kecil.

Cara ini efektif dilakukan para penipu online karena pebisnis skala kecil tertarik untuk mengembangkan bisnis mereka. Sementara acara tersebut sebenarnya tidak pernah ada. Sedangkan para pebisnis biasanya sudah membeli tiket.

Meniru pemasok terpercaya

Perusahaan besar biasanya memiliki departemen khusus dan prosedur yang ketat untuk memeriksa subkontraktor sebelum mulai bekerja sama. Namun, bisnis skala kecil mungkin kekurangan sumber daya untuk melakukan hal tersebut.

Penipu memikat pengusaha kecil dengan berbagai penawaran menarik, ketentuan yang fleksibel, dan situs web yang tampak seperti asli. Mereka dapat meniru semua jenis organisasi mulai dari agen perjalanan hingga pemasok grosir.

Spear phishing

Phishing merupakan salah satu metode paling populer dan mudah diterapkan agar mendapatkan informasi yang diperlukan untuk mencuri uang perusahaan, seperti login rekening bank, kata sandi, dan sebagainya.

Dalam kasus spear phishing, penipu akan mengirim email langsung ke orang yang bertanggung jawab atas anggaran perusahaan. Kemudian, mereka akan menyamar sebagai bank, mitra, atau kolega, dan meminta pembayaran atau informasi mengenai karyawan atau rekening perusahaan.

Demikian sejumlah trik yang biasanya digunakan para penipu online untuk menjerat para pelaku bisnis skala kecil.

(Red/suara.com)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini