Beranda Hukum Pelajar Dominasi Pengguna Narkoba di Banten

Pelajar Dominasi Pengguna Narkoba di Banten

Ilustrasi - foto istimewa Laya Berita

SERANG – Kalangan pelajar masih menempati urutan pertama pengguna narkoba terbanyak di Banten. Hal itu berdasarkan data dari Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNN) Banten sepanjang tahun 2019.

Jumlah pelajar yang terjerat narkoba di Banten selama kurun 2019 sebanyak 55 orang. Sedangkan wiraswasta 22 orang dan anggota Polri 10 orang.

“Ada pergeseran pengguna (narkotika) di Banten dari dewasa ke pelajar angkanya hampir mencapai 50 persen,” kata Kepala BNN Banten Brigjen Pol Tantan Sulistyana saat rilis capaian akhir tahun di kantor BNN Banten, Senin (30/12/2019).

Tantan menambahkan bahwa salah satu faktor penyebab pelajar terjerat narkoba adalah kurangnya pengawasan orangtua. “Selain itu, tingginya pemakai narkoba di kalangan siswa atau pelajar tersebut lantaran usia mereka masih labil dan memiliki rasa keingintahuan yang tinggi,” ujarnya.

Lebih lanjut pelajar tersebut mayoritas mengkonsumsi obat-obat keras seperti tramadol dan eksimer hingga obat sakit kepala yang melebihi dosis. Obat keras tersebut jika dikonsumsi berlebihan efeknya sama dengan natkotika. (you/red)