Beranda Hukum Pelabuhan Merak Jadi Perhatian Utama Polda Banten Selama Arus Mudik dan Arus...

Pelabuhan Merak Jadi Perhatian Utama Polda Banten Selama Arus Mudik dan Arus Balik Lebaran

158
0
Istimewa.

PANDEGLANG – Pelabuhan Merak dipastikan menjadi fokus utama Polda Banten selama puncak arus mudik dan arus balik lebaran tahun ini. Demikian hal itu diungkapkan Kapolda Banten, Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo.

“Terkait persiapan pengamanan arus mudik beberapa persiapan awal sudah kami laksanakan, wilayah kita memang ada satu titik penyeberangan yang menjadi perhatian khusus kami yaitu di Pelabuhan Merak,” kata Kapolda, Kamis (31/5/2018).

Kapolda menyebutkan, belajar dari pengalaman arus mudik dan arus balik pada tahun lalu, diharapkan arus mudik dan balik tahun ini bisa lebih baik dari sebelumnya. Untuk pengaturan jalur masuk ke kapal baik untuk roda empat maupun roda dua, kata Kapolda, tetap akan dibagi menjadi 2 jalur.

“Untuk kegiatan di Dermaga Merak kami atur dengan mengevaluasi pengamanan di tahun kemarin, sehingga kami harapkan di tahun ini lebih baik. Dimana untuk pengaturan jalur roda empat dan roda dua tetap kami pisahkan masuk ke dermaga di Pelabuhan Merak nanti secara bertahap kami atur ke dermaga yang lain, sehingga tidak ada lagi titik stag karena ada simbol yang mengunci antara roda empat dan roda dua ini,” bebernya.

Dikatakan Kapolda, dengan mengatur penempatan roda empat, roda dua dan mengatur jadwal keberangkatan kapal diarapkan saat puncak arus mudik dan balik nanti bisa dihadapi dengan baik.

Sementara itu, untuk pengamanan sendiri rencananya akan dibagi menjadi 3 jenis pos yakni Pos Aju, Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan. Direncanakan juga, dalam waktu dekat ini Polda Banten akan melakukan rapat koordinasi dan pemeriksaan jalur sehingga pada saatnya nanti seluruh element bisa siap dan bisa dilaksanakan kegiatan mudik dengan sebaik-baiknya.

“Terkait dengan pos pelayanan kami siapkan juga apabila ada masyarakat yang kebetulan lelah dan akan beristirahat maka kami siapkan beberapa fasilitas termasuk juga kami siapkan apabila mau melaksanakan sahur dan buka puasa kami siapkan secara gratis. Ada 2 area yang rutin kami amankan, yang pertama arus mudik dan yang kedua adalah area wisata, biasanya mulai dari H+1 sampai dengan H+7,” pungkasnya. (Med/Red)

loading...