Beranda Sosok Pekan Depan, Jack Ma Pensiun dari Bisnis

Pekan Depan, Jack Ma Pensiun dari Bisnis

Jack Ma. (Foto : yahoo.com)

Mulai Senin (10/9/2018) depan, bos sekaligus pendiri Alibaba Group, Jack Ma akan pensiun dari bisnis e-commerce raksasa asal China itu. Jack Ma akan mundur tepat pada ulang tahun dirinya yang ke-54. Setelah mundur, ia akan fokus mengabdi sebagai filantropi di dunia pendidikan.

Jack Ma yang dulu pernah menjadi pengajar Bahasa Inggris mengatakan ingin menghabiskan waktunya untuk pendidikan.

“Saya mencintai dunia pendidikan,” aku pria yang juga disapa “Teacher Ma” itu, seperti dilansir The New York Times dan dirangkum KompasTekno, Sabtu (8/9/2018),

Bagi Ma, keputusan untuk pensiun bukanlah akhir segalanya. “Justru ini adalah era yang baru”.

Di antara sejawat di generasinya, Jack Ma menjadi yang pertama pensiun dari industri digital. Ma memang pernah mengungkapkan keinginan untuk mengikuti jejak bapak Microsoft, Bill Gates yang mendirikan yayasan atas namanya.

Jack Ma pun sudah menyiapkan yayasan bernama Jack Ma Foundation yang didirikan tahun 2014. Ia pernah mengatakan jika dirinya tidak mungkin sekaya Bill Gates, namun ia akan pensiun lebih cepat dibanding Bill Gates yang kala itu undur diri pada usia 58 tahun.

Entah sengaja atau tidak, menariknya, pensiunnya Ma dari bisnis e-commerce dan beralih ke dunia pendidikan, bertepatan dengan Hari Guru di China.

Jack Ma akan meninggalkan Alibaba, bisnis yang dimulai sejak tahun 1999, namun ia tetap akan menjadi mentor manajemen di perusahaan tersebut.

Alibaba menjadi pionir bisnis e-commerce di China dan sangat memiliki pengaruh cukup besar. Bagaimana ia mendominasi e-commerce dan pembayaran digital, serta mengubah gaya belanja masyarakat di China, menunjukkan peran Jack Ma dan Alibaba yang dipimpinnya sangat fundamental.

Bersama Alibaba Group, Jack Ma pernah menyandang gelar sebagai manusia terkaya di benua Asia sebelum gelarnya direbut Mukesh Ambani dari India versi Forbes. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini