Beranda Pendidikan Peduli Lingkungan, SMAN 2 Kota Serang Dirikan Bank Sampah

Peduli Lingkungan, SMAN 2 Kota Serang Dirikan Bank Sampah

Pelajar SMAN 2 Kota Serang mengumpulkan sampah plastik. (IST)

SERANG –  SMAN 2 Kota Serang melakukan gerakan mengurangi penggunaan sampah plastik, dengan cara mengharuskan peserta didik membawa tempat makan dan minum dari rumah. Melalui cara tersebut diharapkan menjadi salah satu langkah untuk mengurangi penggunaan sampah plastik di lingkungan sekolah. Sekolah ini juga mendirikan bank sampah sebagai formula awal dalam membina kesadaran kolektif warga sekolah untuk mulai memilah, mendaur-ulang, dan memanfaatkan sampah. “Hal ini penting, karena sampah mempunyai nilai jual serta pengolahan sampah yang berwawasan lingkungan dapat menjadi budaya baru bagi warga sekolah. Memilah sampah adalah tindakan yang harus dilakukan untuk memberi nilai manfaat pada sampah,” ujar Mala Leviana, Kepala SMAN 2 Kota Serang, Jumat (10/3/2023)

Ketua Tim Pengembang Adiwiyata SMAN 2 Kota Serang Deny Surya Permana menuturkan bahwa, pembentukan Bank Sampah “Bumi Smanda” merupakan tindak lanjut dari kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema “Gaya Hidup Berkelanjutan”. Harapannya, peserta didik dapat terlibat dalam pengolahan sampah di sekolah. Setiap hari peserta didik mengumpulkan sampah plastik, berupa botol bekas air mineral. Selanjutnya, sampah tersebut ditabung ke Bank Sampah Bumi Smanda sebagai penampung sebelum didistribusikan ke mitra Bank Sampah Digital di Kota Serang.

Sementara itu, Haqul Yakin sebagai Koordinator Bank Sampah “Bumi Smanda” SMAN 2 Kota Serang menyampaikan bahwa respons peserta didik sangat baik dan peduli satu sama lain. Mereka bersama-sama memilah sampah yang ada di kelasnya masing-masing untuk dibawanya ke penampungan Bank Sampah “Bumi Smanda”.

“Saya bangga dengan respon siswa di kegiatan perdana ini, mereka peduli dan bersama-sama memilah sampah di kelasnya masing-masing. Kemudian mereka membawanya ke penampungan dengan semangat. Semoga tindakan ini menjadi aksi nyata dalam menjaga bumi ini,” ujar Haqul Yakin.
(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini