Beranda Kesehatan PDAM Tirta Berkah Pandeglang Sumbangkan Lima Bilik Sterilisasi

PDAM Tirta Berkah Pandeglang Sumbangkan Lima Bilik Sterilisasi

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Berkah Pandeglang menyumbangkan lima unit bilik sterilisasi untuk mencegah penularan virus Corona atau Covid-19.

PANDEGLANG – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Berkah Pandeglang menyumbangkan lima unit bilik sterilisasi untuk mencegah penularan virus Corona atau Covid-19. Lima unit bilik sterilisasi itu akan ditempatkan di beberapa titik fasilitas umum.

Direktur Utama PDAM Tirta Berkah Pandeglang, Ujang Sumawinata menyampaikan, bilik sterilisasi itu akan di tempat di Terminal Kadubanen, Pasar Badak Pandeglang, RSUD Berkah Pandeglang, PKM Sobang dan terakhir di Kantor PDAM.

“Ini baru lima unit dulu nanti kami akan coba memperbanyak karena memang masyarakat perlu sekali benda ini. Sasaran kami pertama ke terminal karena disitu banyak masyarakat yang mau naik angkutan umum jadi harus steril dulu badannya, kedua di pasar badak, RSUD Berkah Pandeglang dan PKM Sobang,” kata Ujang usai menyerahkan bilik sterilisasi di RSUD Berkah Pandeglang, Jumat (27/3/2020).

Dirinya berharap langkah ini bisa memotivasi masyarakat atau dinas untuk membuat bilik sterilisasi secara mandiri. Bahkan ia mengaku akan membantu jika yang akan membuat bilik tersebut tidak tahu caranya.

“Mudah-mudahan setelah kami contohkan yang lain juga bisa ikut bikin sendiri, kami tidak akan pelit nanti kami juga akan memberitahu bagaimana cara membuat bilik sterilisasi ini. Bahkan gambarnya juga sudah kami share dan silahkan membuat yang seperti ini,” tegasnya.

Ia membeberkan, untuk membuat satu bilik sterilisasi dengan ukuran 2×2 meter tidak membutuhkan waktu lama, sebab kata dia, dalam satu hari satu malam pengerjaan itu bisa menghasilkan 3 unit.

Akan tetapi kendala dalam membuat bilik ini terletak pada sulitnya bahan baku karena sudah banyak diburu oleh orang lain, dan biaya untuk membuat bilik dengan blower ukuran besar juga membutuhkan dana yang cukup besar.

Oleh sebab itu ia menyarankan bagi masyarakat yang akan membuat bilik serupa sebaiknya menggunakan blower kecil, sebab akan mengurangi biaya pembuatan.

“Kalau dengan blower seperti ini memang sangat mahal dan materialnya langka sekarang. Kami mau bikin lima unit saja baru selesai tiga karena susah sekali barangnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Dirut RSUD Berkah Pandeglang, Kodiat Juarsa mengucapkan banyak terimakasih atas bantuan bilik sterilisasi yang diberikan PDAM karena sangat berguna di tempatnya.

“Saya ucapkan banyak terimakasih kepada bapak Dirut PDAM yang sudah memberikan bilik ini, semoga alat ini bisa bermanfaat bagi kita semua,” ucapnya. (Med/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ