Beranda Peristiwa PBB Cari Dana Rp765 Miliar untuk Bantu Korban Bencana Sulteng

PBB Cari Dana Rp765 Miliar untuk Bantu Korban Bencana Sulteng

Petugas SAR melakukan evakuasi terhadap korban gempa di Palu dan Donggala - foto istimewa detik.com

 

NEW YORK – PBB  mencari dana sebesar Rp765 miliar dari komunintas internasional untuk bantuan segera kepada korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah (Sulteng), Indonesia.

PBB mengatakan rencana itu dikembangkan melalui konsultasi dengan pejabat pemerintah Indonesia. Rencana PBB menguraikan bagaimana komunitas kemanusiaan yang bekerja di Indonesia akan memberikan bantuan teknis yang ditargetkan.

Wilayah yang paling terpukul di pulau Sulawesi adalah kota Palu, yang tersisa hanya reruntuhan setelah dihantam oleh gempa kuat dan tsunami yang menghancurkan seluruh lingkungan menjadi tumpukan kayu dan logam.

“Rencana PBB bertujuan untuk memberikan bantuan kepada 191 ribu orang selama tiga bulan ke depan,” bunyi pernyataan yang dikeluarkan PBB, dikutip sindonews.com dari laman SBS, Sabtu (6/10/2018).

Menurut perkiraan PBB, 65 ribu rumah rusak, sebuah angka yang mencakup 10.000 rumah hancur seluruhnya oleh tsunami dan 15.000 rumah rusak parah akibat gempa.

“Satu minggu setelah bencana, skala penuh bencana dan kebutuhan menjadi semakin jelas,” terang Anita Nirody, Resident Coordinator PBB di Indonesia.

“Orang-orang yang terkena dampak, terutama mereka yang kehilangan rumah dan semua barang mereka, membutuhkan tempat tinggal, akses ke air bersih, perawatan kesehatan dan dukungan psikososial,” imbuhnya.

“Dana yang diminta akan memungkinkan komunitas kemanusiaan internasional untuk lebih efektif mendukung respon pemerintah dan organisasi lokal,” tukasnya. (Red)