Beranda Kesehatan Pastikan Pelayanan Masyarakat Maksimal, ASN Pemkot Tangerang Diskrining Kesehatannya

Pastikan Pelayanan Masyarakat Maksimal, ASN Pemkot Tangerang Diskrining Kesehatannya

ASN Pemkot Tangerang Diskrining Kesehatannya - foto istimewa

TANGERANG – Meningkatkan pemahaman pentingnya menjaga kesehatan diri, terlebih memastikan Apartur Sipil Negara (ASN) sebagai ujung tombak pelayanan dapat memberikan pelayanan masyarakat yang maksimal.

Di momen Hari Ulang Tahun (HUT) ke-30 Kota Tangerang, Pemkot Tangerang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) menggelar Pemeriksaan Skrining Kesehatan dan Faktor Risiko Penyakit Tidak Menular (PTM), di Plaza Puspem Kota Tangerang, Senin (20/2/2023).

Kepala Dinkes Kota Tangerang, dr Dini Anggraeni mengungkapkan dalam program ini Dinkes menurunkan 30 tenaga kesehatan lengkap dengan dokter spesialis. Dengan layanan pemeriksaan PTM, mulai dari jantung, diabetes, hipertensi, stroke hingga kanker.

“Penyakit tidak menular ini, biasanya hadir karena gaya hidup tidak sehat. Selain itu obesitas, kurang makan sayur dan buah, dan jauh dengan aktivitas olahraga. Hal inilah yang kita edukasi kepada ASN, karena pelayanan masyarakat dibutuhkan kesehatan yang prima, sehingga pelayanan yang diberikan bisa lebih maksimal,” ungkap dr Dini.

Lanjut dr Dini, dalam pelayanan hari ini, Dinkes juga menghadirkan dokter spesialis untuk memberikan ruang konsultasi lebih lanjut, dari hasil pemeriksaan yang berlangsung. Dengan begitu, para ASN dapat melakukan tindakan pemulihan jika dibutuhkan, serta saran pola hidup dan apa saja yang harus atau tidak boleh dikonsumsi.

Selain itu, Dinkes juga menyediakan meja layanan gangguan jiwa. Dalam hal ini, sekadar pemeriksaan tingkat stres pegawai dalam bekerja, sehingga bisa lebih terkontrol dengan pola-pola yang diberikan oleh dokter. Serta adanya layanan meja vaksinasi booster kedua.

“Menghindari PTM, sebenarnya ASN dapat mencegahnya dengan pola CERDIK. Yaitu, Cek kesehatan berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin olahraga, Diet seimbang dengan buah dan sayur, Kurangi gula, garam dan lemak, Istirahat cukup dan Kelola stres,” imbau dr Dini.

Sebagai informasi, ASN maupun masyarakat umum Kota Tangerang yang ingin melakukan pemeriksaan kesehatan secara dini dan berkala, dapat memanfaatkan layanan di Puskesmas terdekat di Kota Tangerang secara gratis.

(Ril/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini