Beranda Hukum Pastikan Keamanan, Wakapolri Tinjau Pelabuhan Merak

Pastikan Keamanan, Wakapolri Tinjau Pelabuhan Merak

Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Wakapolri) Komjen Pol Ari Dono Sukmanto memantau arus mudik lebaran 2019 di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Jumat (31/05/2019). (Dok. Humas Pemprov Banten)

MERAK – Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Wakapolri) Komjen Pol Ari Dono Sukmanto memantau arus mudik lebaran 2019 di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Jumat (31/05/2019). Wakapolri didampingi Kapolda Banten Irjen Pol. Tomsi Tohir, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Banten Al Muktabar dan jajaran Kepolisian serta jajaran ASDP Cabang Merak meninjau beberapa lokasi.

Dalam kunjungannya Wakapolri beserta rombongan melihat secara langsung aktivitas arus mudik yang terjadi di Pelabuhan merak. Selanjutnya mantan Kapolres Serang itu menyempatkan berbicang dengan pemudik yang mengunakan kendaraan roda dua dan menanyakan kenyamanan dan kemanan di pelabuhan Merak.

“Mereka merasa sangat puas karena pasilitas untuk para pemudik masuk ke pelabuhan seperti disiapkan tenda selama mengantri untuk naik ke kepal, sangat puas,” ujar Ari Dono.

Ari Dono juga mengatakan pelabuhanpenyebrangan merak ini jauh lebih baik dari sebelumnya. “Bisa kita lihat di dermaga VI ini begitu bagus saran prsarana yang di berikan untuk para pemudik,” ujarnya.

“Saya harapkan apabila ada kemacetan atau penumpukan kendaraan untuk di infokan kepada pemudik agar mereka dapat berhenti atau beristiraht di titik titik yang ditentukan atau rest area sehingga tidak menupuk di pelabuhan merak,” jelas Ari.

Wakapolri mengatakan dari hasil pantauanya maupun laporan dari Kapolda Banten bahwa beberapa hari lalu ada peningkatan kendaraan yang melintas di Merak. Untuk kendaraan roda empat sampai dengan 56 persen dan untuk kedaraan roda dua sekitar 200 persen lebih. ”Tetapi saya lihat pelayanan dari pemerintah daerah mapun pihak pelabuhan cukup signifikan untuk kesiapan pasilitas-pasilitas yang ada,” imbuhnya.

Sekda Banten Al Muktabar mengatakan bahwa Pemprov Banten terus berkoordinasi terkait arus mudik di pelabuhan Merak. Selain itu, mengenai hal hal teknis pihaknya selalu melakukan koordinasi dengan pemeritah pusat untuk mengambil langkah-langkah tindakan khusus dalam rangka melayani masyarakat.

“Kita bersama-sama Wakapolri melakukan tinjauan langsung arus mudik ke dermaga VII pelabuhan merak, beliau mengatakan bahwa persiapan yang dilakukan pemerintah, Polri, pihak pelabuhan maupun pihak terkait  dalam mengatisipasi arus mudik ini cukup baik,” kata Sekda. (You/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini