Beranda Sosial dan Budaya Pasokan Darah Kurang, Pokja Wartawan Lebak Inisiasi Gerakan Donor Darah

Pasokan Darah Kurang, Pokja Wartawan Lebak Inisiasi Gerakan Donor Darah

Antusiasme masyarakat yang datang ke Gerai Donor Darah yang diselenggarakan oleh Pokja Wartawan Lebak dan PMI Kabupaten Lebak (Foto Andi/BantenNews.co.id)

LEBAK – Pasokan Darah yang kurang di Kabupaten Lebak, menjadi langkah bagi Pokja Wartawan Harian dan Elektronik Kabupaten Lebak menggelar acara donor darah di Museum Multatuli, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Senin (4/10/2021).

Bersama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Lebak, Pokja Wartawan Lebak membuka gerai donor darah untuk masyarakat umum dalam memenuhi pasokan darah.

Ketua Pokja Wartawan Harian dan Elektronik Lebak, Mastur Huda mengatakan, bahwa donor darah langkah dalam membantu pasokan darah.

“Ini bentuk ikhtiar kita untuk membantu memenuhi kebutuhan stok darah di UDD PMI yang mengalami krisis, dan membantu warga tak mampu khususnya anak yatim,” katanya.

Mastur juga menambahkan bahwa gelaran donor darah yang diselenggarakan diluar dugaan. Dimana masyarakat antusias menyambut gelaran donor darah.

“Awalnya kita targetkan 50 pendonor, namun ternyata antusiasme masyarakat cukup tinggi sehingga target itu bisa terlampaui dengan jumlah pendonor yang mencapai 76 orang,” katanya di Museum Multatuli.

Acara donor darah ini digelar dalam rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) atau hari jadi Pokja Wartawan Harian dan Elektronik Lebak yang ke 2.

Sementara, Koordinator Mobile Unit UDD PMI Lebak, Adi Setiadi mengatakan, dengan adanya kegiatan donor darah dapat membantu memenuhi kebutuhan darah di UDD PMI. Pasalnya, sejak pandemi Covid-19 minimnya kegiatan jemput bola membuat stok darah menipis.

“Kebutuhan kita itu mencapai 1.200 kantong perhari, jumlah itu cukup tinggi. Namun dengan situasi Pandemi ini membuat kami kewalahan sehingga stock di PMI Lebak mengalami krisis. Untuk itu, kami sampaikan terimakasih kepada Pokja karena telah membantu memenuhi stock darah kami,” kata Adi.

(Mg-And/Red)