Beranda Pariwisata Pasca Tsunami, Menpar : Pariwisata di Kawasan Selat Sunda Sudah Pulih

Pasca Tsunami, Menpar : Pariwisata di Kawasan Selat Sunda Sudah Pulih

Menteri Pariwisata, Arief Yahya

CILEGON – Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menyatakan bahwa Selat Sunda saat ini aman. Bahkan Pariwisata di Banten dan Lampung sudah kembali pulih pasca diterjang tsunami.

“Sebenarnya saya ke sini dalam rangka recovery Selat Sunda aman. Tadi laporannya menggembirakan dan ada yang tidak menggembirakan,” ujar Arief ditemui awak media usai Kunjungan Kerja di Pelabuhan Merak-Bakauheni, Jumat (5/7/2019).

Arief mengatakan, pasca tsunami Banten daerah di sekitar termasuk Lampung mulai berangsur pulih. Hal itu pdijelaskannya usai mendapat laporan kunjungan wisatawan saat Lebaran lalu yang cukup baik.

“Yang menggembirakan lebaran kemarin okupansinya hampir normal 100% tapi setelah itu baru 70% lah kalau dirata-rata, tapi untuk Lampung udah fully recovered,” katanya.

Dia menyatakan bahwa pariwisata di Selat Sunda didukung dengan fasilitas Terminal Eksekutif Merak dan Bakauheni. Hal ini membuka potensi untuk wisata overland. Terlebih didukung oleh harga tiket pesawat domestik yang kian mahal.

“Ada beberapa kebetulan yang terjadi. Tol jadi nih Trans Sumatra dan Trans Jawa sampai pintunya di depan. Yang kedua tiket pesawat mahal, terjadilah overland seperti dulu lagi,” ujar Arief.

Dijelaskan, sekarang Jakarta ke Merak butuh waktu 2 jam plus 1 jam untuk menyeberang. Dengan waktu yang tak terlalu lama itu traveler sudah bisa menikmati atraksi yang berbeda. Tak menutup kemungkinan pula kalau terminal itu bisa jadi atraksi wisata.

“Bisa, jadikan saja ini pusat wisata. Cukup luas katanya lebih dari 700 hektar. Jadikan saja resort, nggak perlu khawatir. Ada banyak sekali partner yang kita kerjasama untuk membangun tourism resort di mari,” tutup Arief. (Man/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ