Beranda Pemerintahan Pasca Libur Lebaran, Pelayanan Gerai Samsat di Banten Membludak

Pasca Libur Lebaran, Pelayanan Gerai Samsat di Banten Membludak

77
0
Warga mengantre pembayaran pajak kendaraan

SERANG – Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) dan gerai seluruh wilayah Provinsi Banten menerima pembayaran dari wajib pajak cukup membeludak pasca libur Lebaran. Hal itu dikemukakan oleh Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Banten Opar Sohari.

“Jam buka pelayanan memang jam 08.00 WIB dan jam 16.00 WIB harus sudah posting hasilnya. Tapi kalau sampai jam 4 masih ada wajib pajak yang ingin bayar, ya harus tetap dilayani sampai selesai,” ungkap Opar Sohari, Rabu (12/6/2019).

Selain itu, lanjut Opar, gerai-gerai yang ada di mall dan pusat perbelanjaan lainnya bahkan ikut ramai dikunjungi wajib pajak yang sengaja datang atau sambil berbelanja kebutuhan jelang lebaran. Oleh karenanya, beberapa gerai mengikuti jam buka dan tutup mall atau pusat perbelanjaan tersebut.

“Tapi tetap ada batas minimal jam kerjanya, tidak boleh kurang dari itu. Yang penting semua masyarakat harus terlayani dengan baik,” tegasnya.

Ia menambahkan, pembayaran pajak juga banyak dilakukan para wajib pajak melalui jaringan ritel modern seperti Indomaret dan Alfamart serta jaringan ATM mitra samsat seperti Bank Banten dan Bank Jabar Banten.

Opar memperkirakan, membeludaknya para wajib pajak membayar pajak tersebut akan terus berlangsung hingga akhir masa arus balik libur Idul Fitri 1440 hijriyah.

Opar mensinyalir, ramainya wajib pajak yang membayar melalui seluruh unit pelayanan pajak tersebut dikarenakan memiliki waktu yang lebih leluasa karena libur lebaran, serta ketersediaan dana lebih karena belum lama menerima uang dari Tunjangan Hari Raya (THR).

“Daripada terpakai habis, wajib pajak mendahulukan kewajibannya membayar pajak. Atau mengantisipasi terkena sanksi tilang bagi yang kendaraannya mau dibawa mudik,” ujar Opar. (You/Red)