Beranda Bisnis Pasca Larangan Mudik, Pelabuhan Merak Kembali Dipadati Penumpang

Pasca Larangan Mudik, Pelabuhan Merak Kembali Dipadati Penumpang

Calon penumpang memadati loket Pelabuhan Merak

CILEGON – Pasca larangan mudik Lebaran usai, Pelabuhan Merak kembali diserbu penumpang. Tampak ratusan calon penumpang kapal tujuan Sumatera memadati area loket pemeriksaan kesehatan melalui metode GeNose atau embusan nafas di area Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Selasa (18/5/2021).

Banyak penumpang yang kesal dengan pelayanan tes GeNose tersebut sehingga harus menunggu lama antrean yang kemudian menimbulkan kerumunan. Selain itu, kurangnya pengawasan dari pengelola pelabuhan membuat salah satu aturan penerapan protok kesehatan ini diabaikan oleh calon pengguna jasa pelayaran.

Lina salah seorang calon pengguna jasa mengatakan, ia khawatir dengan kondisi kerumunan yang terjadi di area pemeriksaan kesehatan melalui GeNose tersebut.

“Takut, makanya saya jaga jarak aja sama yang (calon penumpang-red) lain,” ujar Lina.

Lina menyatakan dirinya baru bisa melakukan perjalanan ke Sumatera lantaran sebelumnya pemerintah memberlakukan pelarangan untuk angkutan lebaran pada 6-17 Mei 2021. “Sekalian mudik, kemarin kan enggak bisa, dilarang,” ucapnya.

Iwan pengguna jasa lainnya mengatakan, dirinya memilih untuk pulang kampung usai melewati aturan pelarangan mudik. Menurutnya, di Pelabuhan Merak sendiri sudah bisa melayani penumpang hanya saja wajib mengikuti tes GeNose terlebih dahulu sebelum membeli tiket kapal.

“Dari Tangerang mau ke Kalianda, baru dikasih libur sekarang. Lagipula kemarin ada pelarangan kan, jadi baru sekarang pulangnya. Biar enggak ribet aja,” kata Iwan.

Hingga berita ini ditulis, belum ada pernyataan resmi dari GM PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak terkait kerumunan ataupun operasional dari pelabuhan pada hari pertama pasca pelarangan ini. GM PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak Hasan Lessy sampai saat ini belum merespons konfirmasi wartawan.

(Man/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini