Beranda Peristiwa Pariwisata, Infrastruktur dan SDM Pandeglang Harus Jadi Prioritas

Pariwisata, Infrastruktur dan SDM Pandeglang Harus Jadi Prioritas

Foto istimewa Humas Pemkab Pandeglang

PANDEGLANG – Wakil Bupati Tanto Warsono Arban menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas ) I tahun 2019 yang di gelar oleh Kementerian Pariwisata yang dihadiri Bupati/Walikota dan para pegiat wisata nasional maupun mancanegara, Rakor tersebut mengangkat tema Wonderful Indonesia Digital Tourism (WIDT) 4.0 yang digelar di hotel Sultan Jakarta, Kamis (28/2/2019).

Dalam kesempatan tersebut Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan program Go Digital menjadi salah satu program strategis Kemenpar dalam upaya menenangkan pasar di era Industri 4.0.

“Suka atau tak suka sudah terjadi perubahan perilaku pasar. Semua telah bergeser ke arah digital dan saat ini industri telah bergeser ke arah industri digital era 4.0,” ujarnya dikutip dari media sosial Humas Pandeglang.

Ia menambahkan perubahan perilaku konsumen yang mempengaruhi pasar itu digerakkan oleh kaum milenial. Hal ini sejalan dengan semangat Presiden Joko Widodo yang menyebutkan bahwa kaum milenial adalah masa depan Indonesia.

“Oleh sebab itu milenial cenderung selalu berperilaku dengan basis digital, mobile, interatif yang kini jumlahnya mencapai 50% dari jumlah wisman inbound ke Indonesia, Maka siapapun yang menguasai kaum muda dialah yang berpotensi memenangkan pasar masa depan,” ungkapnya.

Sementara itu Wakil Bupati Tanto Warsono Arban usai mengikuti Rakornas mengatakan dalam upaya mewujudkan program Kementerian Pariwisata, ada beberapa faktor pendukung yang harus diperhatikan yakni infrastruktur pariwisata.

“Hal itu poin pertama yang paling penting untuk mensukseskan program?pariwisata,” kata Tanto.

Tanto mengatakan faktor penting lainya yaitu meningkatkan sumber daya manusia (SDM). Dimana SDM harus dikelola dan di tingkatkan agar bisa memahami wisata Digital Tourism (WIDT) 4.0

“Termasuk kaum milenial, dimana anak-anak muda bisa lebih berperan aktif untuk mengeksplore wisata Pandeglang. Selain itu regulasi juga harus di buat, agar para pelaku bisnis pariwisata diberikan kemudahan, sehingga kekuatan kepariwisataan Kabupaten Pandeglang dalam mencapai target kunjungan wisatawan bisa terwujud,” tuturnya. (Red)