Beranda Politik Paripurna Interpelasi Batal, DPRD Cilegon : Ini Belum Final

Paripurna Interpelasi Batal, DPRD Cilegon : Ini Belum Final

Suasana rapat paripurna internal usulan interpelasi DPRD Cilegon. (Gilang)

CILEGON – Rapat paripurna internal penjelasan pengusul interpelasi oleh DPRD Cilegon pada Senin (17/1/2022) batal. Ruang rapat paripurna yang hanya dihadiri wakil rakyat dari Fraksi Golkar dan Fraksi PDI Perjuangan saat itu, sekira pukul 11.30 WIB akhirnya bersepakat membatalkan agenda yang semula dijadwal dihelat pada pukul 09.00 WIB tersebut lantaran tidak tercapainya kuorum.

Pantauan BantenNews.co.id, tak nampak kehadiran wakil rakyat dari fraksi-fraksi lainnya, termasuk Fraksi Gerindra maupun Fraksi NasDem-PKB, dua fraksi yang sempat digadang-gadang akan memuluskan jalannya interpelasi kepada Walikota Cilegon tersebut.

“Ketika dalam perjalannya kan, inilah politik, jangankan hari dalam hitungan detik saja bisa berubah. Tapi prinsipnya kita tetap konsisten bagaimana tujuan mengadvokasi kepentingan masyarakat, karena substansi interpelasi ini pun ingin menanyakan bagaimana tindak lanjut dari KCS (Kartu Cilegon Sejahtera) yang menyoal 25 ribu (serapan) tenaga kerja, sudah berapa persen capaiannya sampai bagaimana bantuan modal yang malah jadi pinjaman,” ungkap Ketua DPRD Cilegon, Isro Mi’raj.

Prinsip kelembagaan yang bersifat kolektif dan kolegial, lanjut Isro, harus tetap dijunjung tinggi termasuk dapat memaklumi sikap politik dari seluruh wakil rakyat di setiap fraksi.

“Tiga hari ke depan kita akan lakukan Rapim dan Banmus, hasil keputusannya (keberlanjutan interpelasi) di situ. Jadi belum final, apakah interpelasi ini bisa dilaksanakan ataukah tidak sesuai dengan tata tertib, nanti kita bahas lagi. Karena agenda interpelasi ini pun kan hasil keputusan Rapim Banmus dan voting,” katanya.

Sementara Sekretaris DPC Gerindra Kota Cilegon, Faturohmi yang ditemui di DPRD Cilegon menuturkan bahwa kedatangannya ke gedung DPRD saat itu dalam rangka menyampaikan izin dari fraksinya yang tak dapat mengikuti jalannya paripurna lantaran adanya agenda internal partai di waktu yang berbarengan.

“Karena kita kebetulan ada agenda HUT Gerindra yang ke 14 dan itu juga udah diagendakan dari jauh hari. Rencananya kita mau rapat di kantor DPC hari ini,” ujarnya singkat.

(dev/red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini